Trending
Selasa, 14 Maret 2017

Lima Racikan Kopi Unik di Dunia

  • Share

Kopi,  Siapa yang tak kenal minuman ini? Kopi termasuk minuman terfavorit di dunia. Jutaan cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seantero dunia. Dari sekadar kebiasaan, hingga menjadi bagian dari lifestyle. Adalah 'suntikan' kesegaran dari kandungan kafein yang dicari para penikmat kopi saat menghirup minuman ini.

Urbaners penggemar kopi tentu tak asing dengan beragam kreasi minuman ini. Beberapa di antaranya menonjolkan rasa unik. Sementara yang lainnya mengutamakan kualitas yang dicapai dengan cara tak biasa. Kopi luwak misalnya, diolah dari biji kopi sisa pencernaan musang khas Indonesia. Meski terkesan menjijikkan, kopi luwak terkenal karena rasanya yang kuat dan harganya yang selangit.

Masih banyak olahan kopi yang tak kalah unik dari kopi luwaknya Indonesia. Berikut ini beberapa di antaranya.

 

Kopi Black Ivory

Kalau Indonesia punya kopi luwak, Thailand punya Kopi Black Ivory. Kopi ini juga diolah dari biji kopi yang dikeluarkan saluran ekskresi binatang, tepatnya gajah Thailand. Kopi ini memiliki rasa yang tak terlalu pahit, karena protein di dalam kopi sudah dicerna oleh enzim di dalam perut gajah.

Kopi Black Ivory dibanderol dengan harga yang fantastis. Dilansir CNNGO, kopi yang diolah di Anantara Hotel, sebuah resort di Chiang Rai ini diklaim sebagai salah satu kopi termahal di dunia. Kopi ini dijual seharga $ 1.100 per kilogram dan $ 50 per cangkir.

 

Kopi Camocim Jacu Bird

Lagi-lagi kopi yang berasal dari sisa kotoran hewan. Kali ini Brasil memiliki kopi yang diolah dari biji kopi camocim sisa pencernaan burung jacu. Kotoran burung jacu diklaim bisa memproses biji kopi sehingga rasa pahitnya hilang tanpa meninggalkan rasa khas kopi.

Kopi jacu ini harganya juga tak main-main. Untuk mendapatkan satu karung seberat 60 kilogram, Urbaners harus membayar $ 3.250. Sementara kopi premium Brasil biasa hanya dihargai $ 200-$450.

 

Spicy Taco Gourmet Coffee

Kopi ini cocok buat Urbaners yang hobi menyantap makanan Meksiko, karena dipadukan dengan rasa taco. Taco adalah jajanan khas Meksiko yang terdiri dari dengan isian sayuran segar dan rempah. Tentu saja lo gak bakal menemukan potongan sayur segar di dalam kopi ini.

Dilansir HiConsumption, Spicy Taco Gourmet Coffee diramu dengan rempah-rempah bumbu taco dan ekstrak daging. Meski mengandung rempah dan daging, Spicy Taco Gourmet Coffee dijamin kesegarannya karena produk dikemas mendadak setelah pesanan masuk.

 

Kopi Garam Laut

Racikan kopi yang disajikan dengan sejumput garam ini populer di Taiwan sejak diluncurkan pada Desember 2008. Para chef dari 85C Bakery Cafe menambahkan garam untuk menonjolkan rasa manis dan memberikan sentuhan rasa yang berbeda.

Menurut Kathy Chung, juru bicara 85C Bakery Cafe, kopi dengan garam terinspirasi dari kebiasaan warga Taiwan menaburkan garam pada buah-buahan seperti nanas dan semangka untuk mengeluarkan rasa manis.

 

 Kopi Keju

Lain lagi dengan warga Swedia. Keju ditambahkan ke dalam kopi panas sebelum dinikmati. Rasanya: pahit, manis, gurih, dan asin menjadi satu.

Kebiasaan ini berkaitan erat dengan tradisi kaffeost. Yakni mencelupkan keju ke dalam kopi atau minum kopi dengan potongan keju yang dimasukkan ke dalam kopi.

Jenis keju yang digunakan adalah juustoleipa, bisa ditemukan di Finlandia dan Swedia bagian utara. Keju ini diolah dari susu sapi, kambing, atau rusa.

Itulah beberapa racikan kopi unik dan tak biasa yang ada di berbagai belahan dunia. Bagi para food traveller dan lo yang suka wisata kuliner mungkin bisa mencobanya.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak di Pagi Hari

 

Comments

Racikan Kopi Unik di Dunia