Trending
Rabu, 09 Juni 2021

Merasa Tenang kalau Lagi Hujan? Mungkin Lo Lagi Menikmati Petrichor!

  • Share

 Apakah lo pernah merasakan sensasi yang berbeda ketika hujan turun? Sensasi yang bisa membuat lo mecium wangi hujan itu sendiri ternyata bukan sekedar sensasi – bukan juga bau tanah seperti yang dikatakan banyak orang.

Sensasi dari mencium hujan ini ternyata dinamakan dengan Petrichor. Sebelum diketahui namanya memang banyak yang menyebutkan kalau sensasi ini merupakan aroma hujan. Namun ternyata lo salah besar, bro!

Biar nggak salah pemahaman lagi, mendingan langsung aja simak ulasan artikel MLDSPOT berikut ini!

Mengenal Aroma Petrichor

Petrichor

Credit image - Pluviophile

Sebelum lo mengenal lebih jauh mengenai aroma pertrichor, perlu diketahui terlebih dahulu – kalo hujan sendiri sebenarnya nggak ada aroma apa-apa. Aroma musk yang ditimbulkan oleh hujan inilah yang sering disebut dengan aroma hujan yang menenangkan.

Awalnya, Petrichor ditemukan oleh Isabel Joy Bear dan Roderick G. Thomas pada artikelnya yang berjudul Nature of gillaceous Odour pada 1964 silam. Para peneliti ini mengungkapkan bahwa zat kimia lah yang membuat aroma hujan menguap pada tanah yang kering.

Aroma ini menyatu karena adanya air hujan dan tanah. Munculnya aroma ini juga yang dipersatukan oleh partikel-partikel pada tanas yang dilepaskan ke udara. Untung menghasilkan aroma ini, hujan harus menyentuh tanah yang kering.

Partikel ini seringkali dimaknai dalam berupa minyak yang diproduksi oleh tanah selama hujan nggak turun. Jadi ketika turun, minyak tersebut lepas – hal ini dikarenakan sifat minyak dan air yang nggak bisa menyatu.

Aroma yang Menenangkan

Petrichor

Credit image – Billboard

Sebagian besar orang yang menyukai hujan secara nggak langsung juga menyukai aroma hujan. Nggak bisa dipungkiri kalo hal ini menjadi hal yang membuat hujan menjadi menarik.

Tapi yang perlu lo ketahui – aroma hujan bisa membuat siapapun yang menciumnya menjadi tenang. Aroma ini dipercaya bisa mereduksi stres yang dialami oleh seseorang. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa orang-orang cenderung merasa lebih tenang ketika hujan turun.

Nggak cuma itu, Petrichor yang ditimbulkan oleh hujan bisa menjadi tolak ukur di mana tanah yang dituruni oleh hujan bisa membuat tanahnya menjadi lebih subur.

Menikmati Hujan dengan Playlist

Seperti yang udah diutarakan di atas – kalo Petrichor seringkali dimaknai sebagai hal yang bisa membuat lo lebih tenang.

Biar nggak cuma tenang karena dengerin Petrichor, lo juga bisa menikmati playlist musim hujan dengan alunan musik Jazz pilihan MLDSPOT di bawah ini untuk menemani hari lo di kala hujan.

Setelah membaca ini, lo jadi nggak bete lagi dengan hujan kan, bro? Pokoknya, nggak ada yang namanya bau hujan – tapi adanya Petrichor!

 

Feature image – Unsplash

Comments

Ditempatku namanya Bau " AMPO "
Infonya bagus