Trending
Rabu, 26 Oktober 2016

MLDSPOT Instaclass: Photo Hunting Bersama Fotografer Profesional

  • Share

MLDSPOT kembali lagi membuat acara yang menarik untuk para Urbaners. Kalau sebelumnya selalu berhubungan dengan music jazz, kini MLDSPOT mengadakan workshop photography dengan pembicara-pembicara yang sudah tidak asing lagi. Sebelumnya, MLDSPOT melakukan activity yakni photo competition di akun instagram @MLDSPOT dengan tagar #BedaTapiSatu, nah 20 peserta dengan foto dan caption paling menarik dapat menghadiri workshop MLDSPOT Instaclass tersebut.

Pada hari Sabtu, 22 Oktober 2015, MLDSPOT Instaclass di selenggarakan, tepatnya di Workroom Cikini. MLDSPOTT Instaclass ini akan mengulas tentang street photography yang dapat meningkatkan skill dalam mengambil gambar. MLDSPOT Instaclass ini mengundang dua fotografer profesional yakni Nala Rinaldo dan Bill Satya. Pada kesempatan kali ini mereka tidak hanya sharing pengetahuan fotografi, tetapi mereka dan peserta MLDSPOT Instaclass lainnya langsung turun ke jalan untuk photo hunting.

Sekitar jam 09.30 acara MLDSPOT Instaclass dimulai, terlihat para peserta sudah berdatangan dengan kamera-nya masing-masing. Acara pertama dibuka oleh Bill Satya yang sharing tentang pentingnya mempelajari pengetahuan dasar terlebih dahulu, dengan tema "From Basic To Social Media" ia menjelaskan mengapa basic itu adalah hal yang krusial, agar hasil yang didapatkan konsisten dan tidak asal-asalan. Bill Satya sharing tentang apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menjadi fotografer, amatir maupun profesional. Ia menekan kan betapa pentingnya mengenal alat yang digunakan, trik-trik pengambilan angle ataupun bagaimana membaca sebuah foto. Bill Satya yang menekuni human interest & Street Photography ini memang selalu punya cerita disetiap jepretan-nya. Dan bagaimana mengintegrasi hal tersebut ke social media, sehingga menjadi content yang menarik dan memiliki mood tersendiri.

Setelah Bill Satya dengan Human Interest dan Street Photography-nya, acara dilanjutkan dengan sharing session bersama dengan Nala Rinaldo. Berbeda dengan Bill Satya, kegemaran Nala Rinaldo akan traveling membuatnya lebih menekuni adventure, wildlife, traveling & landscape photography. Pada MLDSPOT Instaclass kemarin Nala Rinaldo bercerita bagaimana ia menjadi profesional fotografer hanya karena social media, bagaimana ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaanya dan menjadi full-time fotografer. Tidak hanya itu, Nala Rinaldo juga memberikan banyak tips tentang fotografi seperti how to develop photography skills, setting up your shots, sampai bagaimana upgrade photography skills sehingga mendapatkan hasil layaknya fotografer profesional.

Terlihat para peserta MLDSPOT Instaclass sangat antusias dengan adanya acara ini, mereka tidak henti-hentinya bertanya pada para pembicara, mulai dari trik fotografi, sampai pengalaman pribadi mereka saat sedang mengambil gambar. Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan photo hunting di sekitaran Cikini, mereka dibagi menjadi 2 kelompok, yakni Tim Bill Satya dan Tim Nala Rinaldo. Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah tempat yang tepat untuk melakukan photo hunting, suasana jalanan yang hectic dan bangunan-bangunan sekitar yang authentic membuat spot tersebut selalu menarik untuk dijadikan photo hunting.

Para peserta siap dengan kameranya masing-masing, dan mengambil gambar dengan berbagai macam angle, tidak jarang mereka juga diberikan masukan oleh para pembicara saat photo hunting, anggap saja learning by doing! Meskipun cuaca mendung tidak mematahkan semangat para peserta untuk mendapatkan foto yang bagus, bahkan hujan pun tidak menghentikan mereka untuk hunting lho, Urbaners!  Tetapi karena suasana tidak memungkinkan untuk melanjutkan photo hunting, mengharuskan mereka kembali ke Workroom. Dengan ditemani snack yang sudah disediakan, mereka mingle satu sama lain ketertarikan yang sama akan fotografi membuat para peserta nge-blend banget dengan peserta lainnya, bahkan juga dengan para pembicara.

Sebelum acara seru ini berakhir, para peserta diberikan satu kejutan lagi, yakni kedua tim dapat mengikuti photo competition dengan mengupload hasil photo hunting mereka ke Instagram dengan menggunakan hashtag yang telah ditentukan. Nantinya tim yang menang akan mendapatkan hadiah kamera Fujifilm XT10 dan juga jam tangan dari Matoa.

Seru banget kan, Urbaners? Dapat pengetahuan baru, teman-teman baru dengan interest yang sama, berkesempatan dapat kamera lagi! Makanya, jangan ketinggalan MLDSPOT Instaclass selanjutnya ya, Urbaners!

Baca Juga : Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

Comments

Awesomeee...
Awesomeee...