Trending
Minggu, 23 Mei 2021

Penampilan Asik yang Dipengaruhi oleh Genre Musik

  • Share
  • fb-share
Penampilan Asik yang Dipengaruhi oleh Genre Musik

Nggak bisa dipungkiri lagi kalo kita hidup berdampingan dengan musik. Setiap harinya lo nggak akan bisa berhenti dengerin musik – baik dari bangun tidur, nemenin kerja, bahkan mungkin jadi penghantar tidur juga. Musik emang nggak bisa lepas dari kehidupan kita deh!

Kalo dengerin lagu, lo lebih suka dengerin lewat playlist yang sesuai dengan genre musik atau memilih buat shuffle nih, bro? Jadi pilihan yang jarang digunakan – ternyata mode shuffle punya pengaruh yang cukup besar pada kehidupan lo secara nggak langsung.

Pilihan genre musik dan cara berpakaian ternyata jadi satu kesatuan yang nggak bisa lo tinggalkan – karena secara nggak langsung, kedua hal ini saling terhubung. Penasaran nggak sih gimana cara kerjanya? Langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Genre Musik & Outfit: Dua Hal yang Terkoneksi

 Credit image - Iriah Mirror

Secara intrinsik, musik dan outfit jadi kedua hal yang terkoneksi karena pada sub-kultur modern – genre musik dan outfit jadi sebuah lifestyle yang pasti dimiliki oleh sebagian besar orang. Pada awal kemunculannya, yaitu 1960 – musik rock nggak hanya dinikmati musiknya aja, tapi juga cara band tersebut berpakaian dan diikuti oleh para penggemarnya.

Maraknya gaya ke rock ini mengejutkan industri fashion – hingga akhirnya muncul gaya Punk yang menghasilkan lifestyle baru bagi para pecinta musik. Selain Rock dan Punk, Hip-hop juga jadi salah satu gaya musik yang ikut berpengaruh pada industri fashion.

Kemunculan streetwear saat ini juga nggak terlepas dari genre musik yang ada. Sebenarnya emang masuk akal – kalo kehadiran genre musik bisa mempengaruhi gaya berpakaian. Kalo ditelisik, fenomena ini bukan hal yang aneh ya, bro.

Wujud Lain dari Apresiasi Musisi

Pernah nggak sih lo ngeliat style seseorang dan langsung tau genre musik apa yang didengerin oleh orang tersebut? Perubahan style secara nggak langsung akan otomatis terjadi ketika lo mendengarkan genre musik tertentu secara berkala.

Di tahun 1960-1990-an, banyak para penggemar musik yang menirukan gaya para musisi yang didengarnya. Banyak juga muncul kaos-kaos band yang menjadi merchandise dan ditujukan untuk para penggemarnya. Dari sini, lo bisa mengambil kesimpulan gimana genre musik secara nggak langsung akan mempengaruhi gaya berpakaian – karena ini jadi salah satu bentuk apresiasi dari para penggemarnya, bro!

Saat ini, menggunakan kaos band dalam berpakaian sehari-hari juga bukan hal yang aneh. Bahkan, hal itu udah jadi salah satu style yang lumrah – bahkan jadi style yang banyak diminati saat ini. Apakah lo salah satunya, bro?

Peran Spotify pada Pengembangan Fashion Gaya Musik

Credit image - Business Insider

Setelah peran kaset tergantikan oleh kehadiran musik secara digital alias streaming, Spotify jadi salah satu pengaruh di mana para Gen Z mengikuti tren berpakaian selayaknya gaya musik yang lagi diminati.

Pasti lo sering denger, “Gaya lo indie banget, bro!” – ungkapan sejenis ini juga salah satu bukti di mana gaya berpakaian dikaitkan dengan genre musik. Meskipun Indie bukan gaya musik, namun kalimat tersebut merujuk pada genre musik yang didengarkan oleh orang dengan gaya ala ‘indie’ ini.

Konsumsi musik lewat aplikasi streaming saat ini jadi hal yang masif – mengingat bisa digunakan secara mudah di mana aja, para Gen Z merasakan bahwa musik lewat aplikasi streaming merupakan kemudahan yang harus dimanfaatkan.

Dari perkembangan musik lewat Spotify dengan playlist yang disediakan – seperti nama ‘Kopikustik’, ‘Indie Indonesia’, ‘Hip-hop’, dan lain-lainnya membuat para pendengarnya secara nggak langsung menjadikan hal itu sebagai referensi berpakaiannya.

Secara sadar atau nggak, mungkin lo – atau bahkan kita, mencoba berpakaian sebagaimana genre musik yang didengarkan. Kalo menurut lo, MLDSPOT sebagai penggemar musik jazz bakal berpakaian kayak gimana nih, bro?

 

Feature image - The Next Web

Comments
Epul Saepuloh
Thanks artikelnya
Hamzah
Mantaaaaaaaap