Trending
Selasa, 09 Maret 2021

Set-Up Ruang Kerja Minimalis: Biar WFH Lo Makin Nyaman!

  • Share

Sepanjang tahun 2020 kita dianjurkan untuk lebih banyak berada di dalam rumah – termasuk bekerja. Pastinya untuk menciptakan ruang kerja di dalam rumah bukanlah hal yang gampang, pasti lo juga merasakan gimana malesnya untuk kerja di rumah kan?

Emang sulit banget buat menciptakan suasana kerja di rumah, alhasil lo pergi ke coffee shop atau working space untuk mendapatkan ruang kerja minimalis yang membuat kerja jadi nyaman. Tapi, pernah nggak terbesit buat bikin ruang kerja minimalis sendiri di rumah?

Beberapa waktu lalu MLDSPOT emang udah pernah membahas tentang minimalism lifestyle, jadi sepertinya buat set ruang kerja minimalis rasanya bukan hal yang rumit ya, bro?

Tapi kalau lo masih bingung, tenang – itu artinya lo harus simak artikel ini sampai habis biar bisa bikin ruang kerja minimalis sendiri, so, check this out!

Cara #1: Ganti Kursi dan Meja

Ruang Kerja Minimalis

Credit image – Hommy Design

Dari judul ruang kerja minimalis ini pastinya lo udah tau – kalau untuk membuat hal yang minimalis pastinya harus mengganti barang-barang yang lo miliki dengan desain yang minimalis.

Minimalis nggak berarti harus estetik – tapi juga memikirkan bahwa hal yang akan diganti bisa membuat lo nyaman. Salah satunya adalah dengan mengganti kursi kerja dengan yang lebih nyaman dan dari segi bentuk terlihat minimalis dan tidak banyak memakan tempat.

Selain kursi, lo juga bisa mengganti meja dengan yang lebih membuat nyaman untuk kerja – misalnya memilih meja yang sitting atau standing. Mengingat bekerja dari rumah rasanya udah nggak ada jam kerja lagi, pastikan kedua hal ini pilih sesuai yang paling nyaman ya!

Cara #2: Set Lighting dan Dinding

Ruang Kerja Minimalis

Credit image – Moving Com

Setelah meja dan kursi, kedua hal ini juga nggak kalah penting – yaitu pencahayaan dan juga hiasan dinding ruang kerja minimalis yang akan lo buat.

Secara nggak langsung, pencahayaan ini bisa membuat energi dan produktivitas lo menjadi lebih meningkat. Hal ini bisa lo pikirkan dari memilih lampu yang terang dan digabungkan dengan cahaya natural matahari, atau full menggunakan lampu dalam ruangan.

Begitu juga dengan dinding, dengan desain yang fresh dan baru – pastinya lo akan merasakan vibes kerja yang baru dan lebih bersemangat. Mungkin hanya sedikit hiasan dinding dan nggak terlalu rame, ruang kerja minimalis lo akan terlihat lebih nyaman dan lebih memudahkan lo untuk berpikir.

Dengan setting kedua hal ini, tanpa disadari lo akan merasakan hal yang lebih fresh dan baru, jadi dipastikan ruang kerja minimalis lo nggak akan terbuang secara sia-sia.

Apa Sebenarnya Manfaat Ruang Kerja Minimalis?

Setelah membaca dua cara yang cukup simple untuk membuat ruang kerja minimalis, apakah lo masih bingung dengan apa sebenarnya fungsinya untuk merombak ruang kerja menjadi lebih minimalis?

Sadar atau nggak – dengan membangun ruang kerja minimalis atau setidaknya yang sesuai dengan interest lo akan membuat menjadi lebih produktif. Dengan membangun ruang kerja minimalis, lo juga jadi lebih enjoy dan menemukan working style-nya sendiri.

Selain itu, dengan membuat ruang kerja minimalis juga lo bisa punya ruang privasi sendiri mengenai pekerjaan. Seenggaknya lo bisa memisahkan mana kamar pribadi dan juga mana tempat untuk bekerja. Energi lo hanya akan terkuras di dalam ruang kerja, dan ketika keluar dari ruangan itu rasanya energi yang dimiliki akan re-charge.

Meskipun sering dinilai dari estetikanya aja, ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sekedar punya ruang kerja aja. So, apakah lo tertarik untuk membuat ruang kerja minimalis dalam waktu dekat?

 

Feature image – Canadian Business

Comments

ruang kerja gw banget
Baguss jg nih