Trending
Jumat, 27 Januari 2017

Wisata Kebun Kopi Terbaik di Indonesia

  • Share

Sudah jadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa melimpah. Salah satu yang jadi andalan adalah kopi. Meskipun kopi bukanlah tumbuhan asli Indonesia, ternyata sudah banyak kopi asal Indonesia yang diekspor ke berbagai belahan dunia. Sebagai bangsa Indonesia, tentu hal ini bikin bangga.

Berada di negeri penghasil kopi terbaik ternyata memberikan keuntungan tersendiri, khususnya bagi para pecinta kopi. Pasalnya, lo bisa menikmati kopi selagi berada di kebun kopi itu sendiri. Istilahnya, wisata kebun kopi. Kira-kira dimana saja wisata kebun kopi terbaik di Indonesia yang wajib dicoba?

 

Bangli, Kintamani, Bali

Jangan heran dengan wisata kebun kopi di Bali. Ya, Bali nggak hanya punya ratusan pantai indah, tetapi juga menyimpan kekayaan alam yang nyata. Kebun kopi yang terletak di kawasan Bangli, Kintamani buktinya menghasilkan salah satu kopi terbaik dari Indonesia: Kopi Bali. Di lokasi kebun kopi ini tak hanya menanam dan menjual biji kopi bali pilihan. Di sini, lo bisa menyaksikan proses roasting dengan tungku api dan kayu bakar. Proses roasting tradisional inilah yang diyakini mampu meningkatkan cita rasa kopi bali di lidah penikmatnya. Selain itu, ada juga kopi luwak yang harganya sebanding dengan kualitasnya.

 

Karanganyar, Blitar

Perkebunan kopi milik PT Harta Mulia ini bisa dibilang cukup baru sebagai destinasi wisata karena baru dibuka di awal tahun 2016. Hingga saat ini, perkebunan kopi ini nggak pernah sepi dari pengunjung karena punya banyak spot foto yang ikonik. Di perkebunan kopi bernama resmi De Karanganjar Koffieplantage ini terdapat bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang semakin menjadikan suasana ngopi di tempat ini mengesankan. Selain kebun kopi, lo juga bisa mengunjungi museum-museum serta mendirikan tenda di camping ground yang tersedia bagi pengunjung.

 

Gayo, Aceh

Kopi arabika yang dikembangkan di Tanah Gayo, Aceh Tengah, merupakan salah satu kopi arabika terbaik yang sudah terkenal bahkan di pelosok Eropa. Bahkan, produksi kopi di kebun kopi ini merupakan yang terbesar di Asia. Dengan luas total perkebunan mencapai 95 ribu hektar, tak heran bila produksi kopi luar biasa besar bahkan hingga diekspor ke berbagai penjuru dunia. Di sini, selain bisa memanen langsung biji kopi pilihan, lo juga bisa menyaksikan proses pengolahan kopi hingga siap minum.

Sudah kebayang gimana aroma kopi yang menyeruak saat diseduh dengan air hangat? Buruan deh, sekarang juga pesan tiket buat berangkat ke tempat-tempat tersebut.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Kopi Susu yang Enak & Edgy di Pagi Hari

Comments

mantappp bosss