Trending

Kembangin Bakat Musik dengan Belajar Beatbox: Coba Pelajari Ini, Bro!

Di antara kita pasti udah menjadikan musik sebagai hal yang nggak asing lagi dalam hidup. Sedari kecil udah dikenalin dengan musik, pastinya lo juga pengen mencoba untuk terjun ke dalamnya dong?

Bermula dari kecintaannya dengan musik, banyak orang yang akhirnya ikut terjun ke dalam dunia musik. Mulai dari belajar gitar, piano, drum, dan lain-lain. Tapi lo tau kan – kalo musik itu nggak cuma berasal dari alat-alat itu aja? Tapi ada juga olah suara yang harus sama dilatih dan belajarnya.

Bukan cuma nyanyi, bidang olah suara lain yang bisa jadi instrumen pendukung dalam musik yaitu Beatbox. Bermain musik dengan cara duplikasi suara ini emang cukup unik – tapi ternyata untuk dikerjakan, hal ini cukup sulit, bro!

Meskipun sulit, banyak orang yang udah mencoba belajar musik dengan olah suara ini dan banyak dari mereka yang berhasil!

Apakah lo juga tertarik? Kalo emang iya, lo berada di artikel yang tepat – karena di artikel ini, lo akan mengenal teknik dasar dari Beatbox sendiri. Langsung aja simak ulasan selengkapnya!

Memahami Suara dari Drum

Seperti yang udah disebutkan di atas – kalo Beatbox merupakan musik yang mendukung sebuah lagu dalam sebuah instrumen namun dengan cara membuat musik hanya dari mulut aja. Pastinya bukan hal yang mudah, untuk memulai langkah belajar Beatbox lo perlu memahami lebih dulu gimana suara dari alat musik sendiri sehingga lo bisa mengenali dengan tepat suara dari musik yang akan lo duplikasi.

Drum merupakan alat musik yang mampu menciptakan beat atau lebih sering disebut alat musik ritmis. Drum sendiri memiliki beberapa bagian, yaitu snare, cymbal, dan bass drum. Ketiga bagian tersebut menjadi hal yang paling dasar – karena mampu menciptkan alunan yang bisa membuat musik menjadi lebih memiliki ritme.

Dari ketiga suara tersebut nantinya lo bisa membuat alunan yang membuat lagu yang dinyanyikan oleh orang sekitar lo menjadi lebih hidup. Biar lebih ngerti Beatbox dan tau gimana cara belajar Beatbox dengan baik, coba pelajari hal-hal di bawah ini ya!

#1: Mengenal Nada B alias Bass Drum

Beatbox

Credit image – Shutterstock

Setelah mengenali suara drum dalam Beatbox yang akan lo pelajari, cara pertama yang harus lo lakukan adalah dengan mengucapkan huruf B yang menjadi dasar suara bass drum. Hal ini dilakukan dengan menutup mulut anda rapat-rapat, lalu ucapkan 'BU' atau 'BUF' dengan nafas tertahan.

Kalo mengucapkan 'BU' emang hal yang mudah, tapi bisanya akan lebih sulit ketika akan mengucapkan kata 'BUF' – hal ini dikarenakan lo harus mengucapkannya dengan huruf 'U' yang terdengar samar-samar.

Kalo suara ‘U’ terlalu terdengar jelas, nantinya akan mengurangi estetika dari suara bass drum tersebut. Tujuan pengucapan ini dilakukan agar suara bass atau sub low/rendah pada bass drum bisa terduplikasi dengan baik.

#2: Cara Duplikasi T (Hi-Hat) pada Cymbal

Beatbox

Credit image – Shutterstock

Cara kedua pada Beatbox yang harus lo ketahui adalah menduplikat suara dari hi-hat – yang merupakan suara cymbal pada drum. Biasanya cymbal alias hi-hat ini identik dengan desisan. Biar suara hi-hat terduplikasi dengan baik – lo harus mengucapkannya dengan mengeluarkan kata 'Tci' atau 'Tchi' sambil meletakan lidahmu di langit belakang gigi atas.

Kalo posisi lidah udah pada tempatnya, lo bisa mencoba membaca kata 'Tchi - Tchi -Tchi'. Kalo hal ini udah lancar lo lakukan, lo bisa memulai dengan membaca kata 'Tchis - Tchis - Tchis'.

#3: Suara K pada Snare

Beatbox

Credit image – Freepik

Snare jadi suara yang terakhir yang bisa lo pelajari dalam Beatbox – karena Snare merupakan suara yang sulit untuk dibunyikan secara sempurna. Hal ini karena lo harus mengucapkan ‘K’ dengan tarikan nafas kayak orang sakit gigi – wah sulit banget buat dibayangin kan?

Untuk belajar suara ini, pertama-tama ucapkan 'K' seperti biasa. Lalu, ucapkan 'Kih' sampe terasa bersih dan ditenggorokan tidak mengganggu. Kalo udah bisa, selanjutnya coba hirup udara layaknya orang yang sedang sakit gigi.

Selanjutnya; Lakukan Ini, Bro!

Setelah lancar berlatih 3 metode di atas, coba memainkan pola Beatbox ini:

1. B-T-K-T-B-T-K-T

2. B-K-T-T-B-K-T

3. B-T-K-T-T-B-K-T-T-B-K-T-T-B-K-T

Untuk pola di atas, lo nggak perlu terburu-buru untuk melakukannya – apalagi dalam tempo yang terlalu cepat. Biarkan setiap suara keluar dengan benar dan suara bisa mendekati suara asli dari drum.

Seperti kalimat yang udah berkeliaran di luar sana – pratice makes perfect, jadi kalo udah tau teknik dari Beatbox ini, coba sering-sering berlatih sama orang sekitar ya, bro!

Feature image – Human Beatbox