Bersepeda dengan Stylish Pakai Mujiono Cycling Cap - MLDSPOT

Bersepeda dengan Stylish Pakai Mujiono Cycling Cap

Buat kalian yang suka sepedaan, pasti tahu, dong serba-serbi perlengkapan khusus biar naik sepeda lebih aman dan nyaman. Biasanya, ada jersey khusus bersepeda yang terbuat dari kain sintetis supaya tidak menyerap keringat. Begitu pula, cycling cap atau topi khusus bersepeda yang berfungsi menghalangi silaunya matahari, serta melindungi kepala dari hujan, panas, dan kotoran selama bersepeda.

MLDSPOT punya rekomendasi buat lo yang aktif sepedaan dan butuh cycling cap. Bukan sembarang cycling cap bro, produk ini asli Indonesia, loh! Tepatnya dari Bogor, Jawa Barat. Desain topinya klasik, tapi tetap keren dan warna-warni. Brand ini juga punya dealer yang sudah tersebar di empat pulau di Indonesia, bahkan diekspor ke luar negeri!

Ini adalah Mujiono Cycling Caps yang juga dikenal dengan sebutan Mujiono CC atau MCC. Pendirinya, Faisal Baso udah lama aktif di komunitas sepeda. Dari situ, dia ngeliat ada kebutuhan dari teman-teman komunitasnya buat pakai topi khusus bersepeda yang pas. Maka dari itu, pada 2015, ia mendirikan Mujiono CC.

“Gue mau cari sesuatu yang bisa ngeluarin ide-ide gue. Karena gue suka topi dan gue suka sepeda, tercetus topi sepeda,” Faisal menjelaskan ide dan motivasi bisnisnya yang simple dan cocok banget sama hobinya.

 

Dari Sendiri, Hingga Merilis 600 Artikel

Faisal baso jadi inspiring people dibalik brand mujiono cycling caps. Emang keren nih orang!

Faisal bener-bener ngebangun MCC mulai dari nol. Riset sendiri, bahkan belajar desain dan jahit dari YouTube selama satu setengah bulan. Selama satu tahun, pria berkacamata ini jual produk MCC ke teman-temannya di komunitas sepeda. Sampai 2016, MCC mulai dijual secara luas karena respon positif dan permintaan yang naik.

Udah empat tahun, Mujiono Cycling Caps telah merilis 600 artikel lebih! Desainnya ada yang dibuat tim MCC sendiri dan juga kolaborasi sama seniman dan merek lokal lainnya. Mungkin kalau kalian pernah denger beberapanya kayak Crooz, Life Behind Bars, Ekta Bags & Cycling Goods, dan seniman kayak The Popo, HeHe, Eyelectric, dan Mahaputra Vito.

For your information, buat kalian yang minat banget sama topi MCC, produk dengan desain orisinil dibanderol di rentang harga Rp135.000 - Rp175.000. Nah, untuk produk kolaborasi, harganya bisa mencapai Rp325.000.

Selama kolaborasi, Faisal ikut terlibat secara penuh dan mengawasi jalannya produksi dari diskusi desain, material, teknis produk, sampai memastikan hasil akhirnya sesuai sama keinginan dia dan pihak yang diajak collab.

 

Dari Komunitas, Didukung Komunitas, Untuk Komunitas

Faisal baso jadi inspiring people dibalik brand mujiono cycling caps. Emang keren nih orang!

 

Faisal baso jadi inspiring people dibalik brand mujiono cycling caps. Emang keren nih orang!

Faisal yang awalnya ngurus produksi, penjualan, customer service, dan pengiriman sendiri di tahun-tahun pertama juga enggak lupa sama teman-temannya di komunitas sepeda yang dianggap berjasa mengembangkan Mujiono Cycling Caps. “Buat gue, penting untuk punya produk yang dekat dengan komunitas sehingga lo bisa dapet feedback dari mereka.”

Feedback ini dipakai Faisal buat meningkatkan kualitas produknya. Belum lagi, rasa terima kasihnya untuk rekan-rekannya di komunitas sepeda yang support brand-nya sejak awal berdiri. Dia melihat komunitas-komunitas ini punya andil dalam kesuksesan MCC. Dari promosi mulut ke mulut anggota komunitas, Mujiono Cycling Caps tumbuh organik dan jadi bagian dari komunitas sepeda itu sendiri.

Mengusung tagline Limited for Limitless Ride, Faisal menjadikannya pedoman dan motivasi untuk selalu produktif dan berinovasi dalam menciptakan produk-produk dengan desain yang beragam dan menarik. Ia juga mengajak pembelinya untuk rutin mengecek Instagram dan situs Mujiono Cycling Caps supaya up-to-date sama topi-topi terbaru MCC.

Keren banget, kan, bro? Salah satu cerita inspiratif tentang membangun bisnis dari nol, yakin dengan konsep bisnisnya, dan menciptakan pasar sendiri yang sebelumnya enggak ada. Cek obrolan MLDSPOT sama Faisal Baso dari Mujiono Cycling Caps dengan nonton MLDSPOT TV Season 6 Episode 13 ‘Sepeda Jaya’ cuma di YouTube Channel MLDSPOT TV. Get yourself inspired!

 

 

Time Spent
3