Eugene Ankie: Dalami Muay Thai Hingga ke Ring Legendaris Thailand

Sesuatu yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh pasti bakal membawa hasil memuaskan. Hal itulah yang didapat Eugene Chloe Ankie dari dunia Muay Thai. Berawal dari ketertarikan pada game Muay Thai, Eugene memutuskan untuk terjun mendalami salah satu martial art populer ini. Ketekunan Eugene dalam berlatih membawanya hingga menjadi fighter Muay Thai profesional di negara tempat olahraga ini lahir, Thailand.

Sampai hari ini, Eugene Ankie menjadi satu-satunya orang Indonesia yang pernah bertanding di stadium Muay Thai terbesar di Thailand, Old Lumpinee. Selain itu, Eugene juga kerap tampil di acara-acara Raja Thailand. Yuk, simak kisah selengkapnya di sini, Bro!

 

Ketertarikan Berawal dari Game

Ketertarikan Eugene Ankie pada olahraga Muay Thai dimulai pada tahun 2008 ketika ia memiliki keinginan untuk belajar bela diri. Tapi tahu nggak sih kalau Eugene menemukan passion di Muay Thai karena terinspirasi dari permainan game? Ya, Eugene sering banget memainkan “Tekken”, di mana salah satu karakter favoritnya memiliki keahlian bela diri Muay Thai.

Salah satu sesi latihan Eugene Ankie di Baan Muay Thai Club

“Selain terinspirasi game, waktu itu saya juga sering banget nonton reality show The Contender Asia. Dari situ, saya langsung tertarik banget dan browsing tempat latihan Muay Thai di jakarta,” terang Eugene. Faktor keluarga ikut mendukung pilihan Eugene, karena ayahnya pun memiliki latar belakang di dunia bela diri ini.

Memulai pembelajarannya di dunia Muay Thai dari Baan Muay Thai Club yang berlokasi di Jalan Taman Kemang, keseriusan Eugene mendalami Muay Thai membawanya pada berbagai pengalaman seru sebagai seorang fighter. Nggak hanya itu, Eugene juga banyak mengukir prestasi yang mengharumkan nama Indonesia. Selama aktif menjadi fighter Muay Thai, Eugene Ankie tercatat telah 23 kali bertanding dengan jumlah kemenangan sebanyak 18 kali. Hebat banget kan, Bro?

 

Menjadi Fighter Profesional Muay Thai di Thailand

Berfoto bersama teman setelah memenangkan pertandingan di Thailand

Salah satu prestasi yang paling membanggakan bagi Eugene Ankie adalah memenangkan pertandingan di berbagai event penting di Thailand. Terutama, karena pernah bertanding dan menang di Old Lumpinee Stadium, stadium yang menjadi simbol Muay Thai modern di sana.

Selain itu, sebagai fighter profesional yang disegani, Eugene juga pernah bertanding di Omnoi Stadium dan unjuk gigi di berbagai acara resmi Raja Thailand. Ia pernah bertanding di King’s Birthday, Queen’s Birthday, dan Prince’s Birthday di Thailand. Karena kecintaannya pada kartun Dragon Ball, ia kerap dijuluki Saiyan Ankie di atas ring tinju.

 

Belajar Kebesaran Hati Melalui Olahraga Muay Thai

Alasan utama yang membuat Eugene jatuh cinta pada olahraga Muay Thai adalah karena olahraga ini tidak hanya mengajarkan kekuatan fisik, tapi juga kekuatan hati. Melalui Muay Thai, Eugene belajar mengenai kerendahan hati dan kelapangan hati. Hal inilah yang memotivasinya untuk nggak bosan belajar dan terus mendalami teknik-teknik baru agar bisa memperbaiki diri.

Menurut Eugene, jauh lebih sulit melawan orang yang hatinya kuat dibanding orang yang tekniknya kuat. “Yang hatinya kuat, dia nggak akan gampang menyerah saat bertanding. Yang tekniknya kuat, tapi nggak punya big heart, akan gampang menyerah pada saat fight,” ungkapnya. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk mempelajari setiap teknik, karena penguasaan satu teknik pun membutuhkan ketekunan yang sungguh-sungguh.

Pola latihan Muay Thai yang cukup intensif dan berat membutuhkan stamina yang kuat agar tetap fit saat berlatih. Beberapa risiko cedera juga mengintai setiap saat. Eugene sendiri pernah mengalami beberapa cedera, seperti robek hingga mendapatkan 6 jahitan di bagian dahinya pada pertandingannya yang ke-3. “Kata orang Thailand, kalau pernah merasakan sobek, berarti saya sudah sah jadi fighter Muay Thai,” kenang Eugene.

Eugene membawa keahlian dan pengalamannya untuk melatih Muay Thai di Soulbox

Saat ini, Eugene Ankie telah memutuskan untuk menarik diri dari berbagai pertandingan Muay Thai dan lebih memilih untuk menjadi instruktur. Selain melatih Muay Thai, Eugene juga mengisi kelas boxing dan zumba di SoulBox Jakarta. Ia memilih mundur dari karir profesional karena ingin meluangkan lebih banyak waktu untuk keluarga kecilnya. Ayah satu anak ini mengaku mendapat banyak pelajaran dalam hidupnya selama bergelut di dunia Muay Thai, terutama pelajaran untuk menjadi rendah hati dan melawan ego.

 

Nah, buat Bro yang ingin belajar Muay Thai langsung dari sang profesional fighter, lo bisa follow Instagram-nya di @eugene.ankie dan mulai berlatih dari sekarang!