Inspiring Products
Jumat, 14 Oktober 2022

Lima Rekomendasi Sepatu Lokal Berkelas Global yang Gak Itu-itu Aja

  • Share
  • fb-share
Lima Rekomendasi Sepatu Lokal Berkelas Global yang Gak Itu-itu Aja

Lo setuju enggak kalo beberapa tahun belakangan ini sudah banyak kaum milenial dan Gen Z semakin bangga membeli dan menggunakan brand-brand fashion lokal? Tren ini sangat bagus untuk mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia termasuk dalam dunia footwear.

Buat lo pecinta footwear atau sneaker pasti sudah enggak asing lagi kalo brand-brand besar internasional, seperti Nike dan Adidas,  memercayakan tempat produksinya di Indonesia loh. Berarti sudah jelas kalo produk buatan Indonesia diakui juga dalam kelas dunia.

Oleh karena itu lah semakin banyak bermunculan beragam brand lokal yang pede dengan produknya masing-masing. Di balik itu semua juga didukung oleh gempuran promosi dari akun-akun Instagram yang melabelkan dirinya sebagai Local Pride Wannabe. Saling support itu penting, Bro!

Dari sekian banyaknya brand-brand tersebut, berikut sudah ada lima nama terpilih sekaligus rekomendasi yang enggak itu-itu saja versi MLDSPOT buat lo yang pengen nambahin koleksi produk footwear lokal favorit. Simak di bawah ini ya!

1. Saint Barkley

Saint Barkley

Di era 2012, ketika industri clothing sedang berpusat di dunia denim, Saint Barkley mengambil kesempatan untuk kali pertama muncul dengan produk sepatu. Saint Barkley sempat viral ketika Presiden Jokowi menggunakan salah satu produknya. Karakter sepatu dari Saint Barkley ini mengutamakan siluet bertema klasik dengan menampilkan type font huruf “S” yang selalu ada di tiap katalognya.

Selain produk basic yang laku keras, Saint Barkley juga pernah merilis katalog kolaborasi spesial bareng Shaggydog, Burgerkill, Dochi ‘Pee Wee Gaskins’, sampai pernah menggandeng produk Malaysia, Hikari Riders. Untuk sekelas produk lokal dengan kualitas yang bagus, harga Saint Barkley terbilang masih terjangkau di kisaran Rp350-Rp600 ribu saja.

2. Pijak Bumi

PijakBumi

PijakBumi adalah salah satu nama baru di dunia footwear, namun punya daya tarik tersendiri untuk memperkenalkan konsepnya yang unik. Rowland Asfales, sang founder memulai PijakBumi atas dasar unsur ketidaksengajaan diawali dengan hilangnya sepatu miliknya di suatu tempat.

Seunik apa sih sepatu PijakBumi? Brand ini dibuat dari bahan kulit natural kemudian dicampur dengan hasil ekstrak tumbuhan yang diambil dari tumbuhan Kenaf. Pembuatan sepatunya pun enggak melibatkan bahan kimia dan masih memakai mesin jahit kaki agar lebih ramah lingkungan. Nama PijakBumi sempat mengharumkan nama bangsa dengan meraih penghargaan Emerging Designer The MICAM Milano 2020.

3. Thunderbear Footwear

Thunderbear Footwear

Dengan dominasi hampir keseluruhan katalog berwarna hitam putih yang dikembangkan dari siluet produk sepatu basic ala brand luar, Thunderbear mencoba mengolah kembali bagian body, midsole sampai beberapa warna yang lebih bright tapi tetap casual.

Thunderbear bisa dibilang sepatu yang sudah punya nama di hati pecinta produk lokal, namun masih mempertahankan harga jual ekonomis. Bayangkan aja pilihan produk Thunderbear masih ada yang dijual mulai dari harga Rp200 ribu, Bro. Definisi pengen keren enggak harus mahal sepertinya incaran utama Thunderbear agar produknya bisa digunakan secara luas.

4. Poison Street

Poison Street

Pengen punya sepatu lokal bergaya casual dan military looks? Mungkin yang lo cari ada di Poison Street nih, Bro. Brand ini terbilang baru namun movement mereka sangat cerdas dan seiring berjalannya waktu semakin tumbuh besar dari para pegiat di skena musik ataupun skateboard.

Poison Street pernah berkesempatan menggaet W.ESSENTIÈLS, Yeszy.MFG, kemudian band distorsi ternama, yaitu Taring dan Avhath untuk merilis kolaborasi spesial. Saat ini, Poison Street mencoba memperbanyak katalognya dengan melahirkan beberapa apparel pendukung racun fashion lo biar makin keren dari outfit atas sampai bawah.

5. Arise Footwear

Arise Footwear

Baru satu tahun berjalan, Arise Footwear banyak menarik perhatian para anak muda yang bosan dengan koleksi di rak sepatunya yang didominasi berwarna monokrom. Arise Footwear menawarkan sesuatu yang segar dengan pilihan warna earth tone serta rubber soul high risk vulcanized. Kedua hal itulah merupakan signature yang dikuatkan oleh Arise Footwear.

Dengan konsep yang lebih warm dari produk lokal lainnya, enggak heran juga kalo banyak konsumen Arise Footwear diminati oleh segmentasi para wanita. Untuk harga masih ada di angka standar produk sepatu lokal kok. Siapin saja dana minimal sekitar Rp450 ribu untuk ngeborong sepatu dari Arise Footwear.

Dari kelima rekomendasi di atas, mana yang jadi favorit lo, Bro? Atau ada sepatu lokal pilihan lo sendiri? Bagikan di kolom komentar ya.

Banyak artikel-artikel seputar lifestyle dan musik lainnya yang bisa lo cek via mldspot.com. Lo juga bisa kepoin segala macam activity MLDSPOT langsung di akun Instagram @mldspot. Webseries terbaru dari gelaran event keren Stage Bus Jazz Tour 2022 sudah tayang nih, kunjungi langsung menuju channel YouTube MLDSPOT TV dan jangan lupa subscribe, Bro!

Comments
Tania Putri mentari
Brand lokal unik dan keren
Noviyanti
bagus juga ya