Trending
Rabu, 26 Juli 2017

4 Jenis Kematangan Steak dan Manfaatnya

  • Share

Jika dulu makan steak bisa setahun sekali karena harganya yang sangat mahal, sekarang sebaliknya. Ada banyak sekali restoran yang menyajikan steak dengan harga terjangkau. Makan steak ini nggak bisa sembarangan lho Urbaners. Ketika lo pertama kali pesan steak, lo akan diberi pilihan tingkat kematangan. Jika lo nggak tahu apa-apa tentang tingkat kematangan steak, lo harus baca artikel di bawah ini.

 

Rare

Jenis kematangan pertama adalah rare alias mentah. Steak dengan kematangan mentah ini hanya dimasak selama 1-2 menit, sehingga yang matang hanya bagian luar daging. Manfaat makan dari steak rare adalah tingkat keempukan daging sangat sempurna dan kadar air di dalam daging masih banyak.

 

Medium

Steak dengan tingkat kematangan medium ini dimasak 5 menit alias setengah matang. Para penggemar steak biasanya memesan steak medium, karena kematangannya dianggap pas. Di bagian luar sudah berwarna cokelat dan daging masih berwarna merah. Tetapi untuk lo yang baru pertama kali makan steak, lo akan merasa steak medium ini kurang matang.

 

Medium Well

Selanjutnya ada steak medium well, alias hampir matang. Steak medium well ini dimasak sekitar 5-7 menit dan hanya menyisakan warna merah di bagian tengah daging. Bagi sebagian orang, medium well ini lebih pas dimakan daripada steak well done. Tingkat kematangan di medium well ini tidak membuat struktur daging mengeras daripada well done atau matang sempurna.

 

Well Done

Jenis kematangan terakhir adalah well done. Steak yang dimasak well done ini memiliki kematangan sempurna dan dimasak kurang lebih 10 menit dengan suhu 80 derajat celcius. Untuk lo yang baru pertama kali makan steak, pilihan well done ini cocok buat lo. Walaupun struktur daging agak keras dan nggak berair, lo nggak akan menemukan tekstur daging yang lembek.

Setelah beberapa kali mencoba steak well done, lo bisa turun ke medium well untuk mencoba merasakan rasa juicy yang dimiliki daging. Di steak medium well, lo akan lebih merasakan bagaimana tekstur daging yang sebenarnya.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Dalam Cara Membuat Steak Daging dan Saus Steak

 

Sumber: thespruce.com

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!