Trending
Jumat, 28 Oktober 2016

Bill Satya: Pentingnya Mempelajari Basic Photography

  • Share

Keseruan MLDSPOT Instaclass beberapa saat lalu memang harus diakui, Urbaners. Karena workshop satu ini tidak hanya mempertemukan para pecinta fotografi, tetapi juga sharing knowledge antar peserta dan juga pembicara. Salah satu yang menarik adalah presentasi dari Bill Satya, dengan tema "From Basic To Social Media", ia menjelaskan betapa pentingnya pengetahuan dasar tentang fotografi itu sendiri. Bill Satya mengaku, meskipun ia belajar fotografi secara autodidact bukan berarti asal-asalan, ada ritme yang harus dilalui sebelum memasuki dunia yang lebih profesional.

Pada sesi tersebut, Bill Satya bertanya pada audience, "Apa itu fotografi?", pertanyaan tersebut memang terlihat simple dan mudah, tetapi tidak semua orang bisa menjawabnya dengan tepat. Yang diperkirakan Bill Satya pun benar, para peserta terlihat bingung bagaimana menjawabnya, karena selama ini mereka hanya praktek tanpa tau apa yang harus dipelajari terlebih dahulu atau konsep apa yang akan digunakan. Nah, ini lah alasan kenapa Bill Satya mengankat topik tersebut.

Bill Satya sharing tentang apa yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai, pertama dan hal yang paling penting adalah mempelajari basic photography, seperti gear yang akan digunakan, lo harus mengetahui segala fungsi dari kamera itu sendiri dan keunggulan lensa yang digunakan karena selain foto menjadi lebih maksimal, lo juga tidak perlu membuang-buang uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Setelah itu lo juga harus mencari referensi yang tepat untuk inspirasi lo dalam mengambil gambar, lalu gunakan imajinasi lo untuk mendapatkan angle yang keren. Belajar menggunakan konsep sebelum melakukan foto juga penting, Urbaners, supaya foto tersebut memiliki value cerita yang menarik. Dan terakhir lo harus membaca sebuah foto berdasarkan tone ataupun mood yang ada di frame.

Bill Satya juga mengenalkan genre apa saja didalam fotografi seperti Wildlife Photography, Landscape, Photojournalism, Potrait, Architectural, Human Interest, Street Photography dan masih banyak lainnya. Sedangkan Bill Satya sendiri fokus kepada Human Interest dan Street Photography karena ia sangat tertarik dengan apapun yang berkaitan dengan interaksi pada sesama dan cerita menarik dibaliknya. Bill Satya juga juga sharing tentang tips and trick dalam fotografi, dari segi teknis pengambilan gambar, sampai outfit yang paling baik digunakan saat memotret.

Nah, masuk ke social media, Bill Satya mengaku bahwa social media sangatlah berperan penting dalam karir fotografinya, karena disana lah ia mendapatkan apresiasi secara langsung sekaligus menjadi portofolio dan galeri berjalan. Bill Satya juga mengaku bahwa inspirasi yang ia dapatkan dalam memotret juga berasal dari social media. Bahkan tidak jarang ia membangun relasi atau mendapatkan teman-teman baru di social media seperti Instagram, Facebook, Blog dan masih banyak lainnya.

Banyak banget hal yang diceritakan oleh Bill Satya di MLD Instaclass. Nah bagi lo yang belum sempat ikutan, tenang aja, akan ada MLD Instaclass selanjutnya kok, Urbaners! Cek terus melalui social media MLDSPOT, ya!

Baca Juga : Komunitas Fotografi Jakarta untuk Para Pemula

Comments

Emang mantaap sih
Inspirasi sekali