Trending
Senin, 21 Maret 2016

Debut Rio Haryanto di Melbourne Grand Prix 2016

  • Share
  • fb-share
Debut Rio Haryanto di Melbourne Grand Prix 2016

Pada pertengahan bulan Februari lalu, kabar baik datang dari dunia olahraga balap mobil. Rio Haryanto resmi menjadi pembalap Indonesia pertama yang bergabung dengan keluarga besar F1. Akhirnya, saat yang ditunggu-tunggu pun datang juga, Urbaners. Rio menjalani pertandingan F1 debutnya di Melbourne, Australia, pada tanggal 20 Maret 2016 kemarin. Berbagai bentuk dukungan dari masyarakat Indonesia mengantar perjuangan Rio di sirkuit balap F1 tersebut. Gimana hasil debut Rio kemarin?

 

Terpaksa Mundur dari Pertandingan

Penampilan debut Rio di sirkuit F1 nggak berjalan semulus yang diharapkan Urbaners. Rio terpaksa mundur dari pertandingan pada saat red flag di lap ke-19 setelah kejadian tabrakan mengerikan antara Fernando Alonso dan Esteban Gutierez. Setelah berhenti sebentar di pit stop, ternyata terdapat masalah driveline yang ada di mobil Rio. MRT05 milik Rio pun terpaksa ditarik ke garasi, dan bikin Rio nggak bisa melanjutkan balapan setelah red flag dikibarkan.

Manor Racing, tim yang menaungi Rio dan Pascal Wehrlein untuk F1 musim ini, mengeluarkan statement resmi tentang situasi yang dialami Rio tersebut. Pada akun Twitter resmi mereka, Manor Racing mengatakan: “Sad to say we’ve had to retire @RHaryantoracing as his car has a driveline problem. He won’t be restarting”. Kabarnya, masalah pada driveline tersebut menimbulkan adanya ceceran oli yang keluar dari gearbox mobil balap milik Rio.

 

Penuh Dukungan dan Tetap Diunggulkan

Meski begitu, penampilan singkat Rio di ajang F1 Australia 2016 tetap menuai pujian dari banyak pihak, baik masyarakat Indonesia maupun internasional. Rio memulai balapan dengan cukup baik. Awalnya, ia melakukan start dari posisi paling buncit karena sempat terkena penalti saat sesi latihan. Namun, Rio berhasil mengejar ketertinggalannya. Dari yang semula berada di posisi 22, ia naik ke peringkat 19. Pit stop pun dilakukan Rio dengan mulus.

Setelah resmi dinyatakan mundur dari pertandingan F1 Australia 2016, Rio sempat diwawancarai oleh  beberapa awak media. Rio menyatakan bahwa meski merasa sedih karena nggak bisa melanjutkan pertandingan, dirinya tetap menikmati penampilan debutnya pada ajang F1 tersebut. Dukungan pun nggak berhenti mengalir, terutama dari masyarakat Indonesia. Manor Racing bahkan turut mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh fans Indonesia terhadap Rio.

Tenang aja, Urbaners, lo masih bakal melihat Rio bertanding di sirkuit F1 yang lain, kok. Bersama timnya, kini Rio sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan F1 selanjutnya yang rencananya bakal diadakan di Bahrain pada tanggal 3 April 2016 mendatang. Way to go, Rio!

 

Sources:
bbc.com
merdeka.com
rappler.com
skysports.com

Comments
Aldi hidayat
Wah keren abis
Kamto mun
Good good..