Trending
Sabtu, 25 November 2023

HARI PERTAMA INDONESIA MILLENNIAL & GEN Z SUMMIT 2023: PENUH INSPIRASI!

  • Share
  • fb-share
HARI PERTAMA INDONESIA MILLENNIAL & GEN Z SUMMIT 2023: PENUH INSPIRASI!

Indonesia Millennial & Gen-Z Summit (IMGS) 2023 akhirnya dibuka pada Jumat, 24 November 2023 di Dome-Senayan Park, Jakarta. Mengusung tema 'Purposeful Progress', acara ini jadi platform bagi anak muda untuk Be Inspired To Inspire lewat berbagai macam kontribusi positif yang didedikasikan penuh buat kemajuan Indonesia. Ada banyak kegiatan seru, baik di sesi Conference maupun Festival yang digelar di hari pertama. Apa aja? Gas baca sampe abis! 

Acara emang baru dimulai secara resmi pada jam 10.00 WIB lewat sambutan CEO IDN Media, Winston Utomo. Tapi sebenernya suasana Pulau Satu Senayan Park udah rame sejak pagi, Bro! Banyak pengunjung yang sengaja datang lebih awal karena pengen nikmatin sejuknya taman dan danau kota yang emang lagi hitz di Jakarta ini. Selain itu, banyaknya para tokoh besar dari para Visionary Leaders dan Talent Trifecta memang tetep jadi alasan utama kenapa acara ini diserbu Milenial dan Gen Z. 

Gue sendiri takjub sih sama antusiasme pengunjung yang emang didominasi dua generasi ini. Nah, biar kebayang gimana ramenya, simak yuk satu per satu sesi seru yang ada di hari pertama Indonesia Millennial & Gen Z Summit 2023. 

BREAK THE BARRIER FOR LOCAL GREATNESS

Chelsea Islan

Salah satu sesi yang rame dan berkesan di hari pertama itu sesi "Break the Barrier: Elevating Local Creativity and Storytelling with Universal Appeal" di area Dome. Sesi ini menghadirkan 3 pembicara yang terlibat dalam proyek Bumilangit, yaitu Chelsea Islan, Aline Djayakusuma, dan Bismarka Kurniawan. Seperti lo tau, film selanjutnya dari proyek Bumilangit yang bakal tayang setelah Gundala, Sri Asih, dan Virgo & The Sparklings adalah Tira. Nah, Chelsea ini adalah pemeran Tira-nya, sedangkan Aline itu penulis skenario dan Bismarka sebagai produsernya. 

Wah, khusus di bagian tanya jawab seru banget, Bro. Banyak yang penasaran sama kelanjutan proyeknya. Soalnya Bumilangit ini kan emang dianggap punya peran besar dalam ngasih citra ke internasional apakah film Indonesia emang bisa bersaing atau nggak. Nah, kesuksesan Gundala dan Sri Asih kemaren rupanya ngasih harapan lebih nih, sekaligus motivasi untuk ngebuktiin bahwa dunia kreatif lokal sekarang memang bisa menembus batas hingga internasional. 

"Aku selalu percaya film Indonesia akan semakin banyak yang maju, membanggakan, dan berprestasi hingga internasional. Tapi semua itu tentunya butuh dukungan dari banyak pihak untuk mewujudkan mimpi tersebut, termasuk dari kalangan milenial dan Gen Z," ujar Chelsea yang disambut tepuk tangan meriah dari pengunjung. 

BEYOND THE SPOTLIGHT 

Spothlight

Sesi Beyond The Spotlight: The Unseen Embrace Post-Performance menurut gue juga nggak kalah seru. Di sini pembicara yang dihadirkan adalah dari sosok penting Mecima Pro, Boss Creator, dan PK Entertainment. Buat lo yang nggak tau, ketiganya adalah promotor konser musik yang berhasil ngedatengin para musisi top luar negeri ke Indonesia. Wah seru sih, di sesi ini, pengunjung bener-bener dikasih paham gimana suka dukanya ngejalanin acara musik berskala internasional. Ternyata banyak banget loh untold story dari para promotor yang nggak diketahui banyak orang. Apalagi pas bagian PK Entertainment ngejelasin soal hebohnya konser Coldplay kemaren. 

"Waktu Chris Martin menyampaikan pantun kemarin, dia sampai memanggil guru bahasa Indonesia khusus untuk ngajarin dia langsung," ujar Founder PK Entertainment, Peter Harjani, sebagai promotor yang mendatangkan Coldplay. Lalu soal apakah Coldplay akan kembali ke Indonesia, ia hanya bilang, "“Kemarin itu, saya sempet nonton (konser Coldplay) ke Malaysia. Mereka bilang Indonesia is the best,” aku Peter seakan mengamini kalo bisa saja band asal London ini akan kembali. Hmmm, gimana nih, Bro? Siap ticket war lagi? Hahaha! Ed Sheeran dulu ajalah ya. 

NONTON AKSI FREESTYLE BMX

Komunitas BMX

Di area Festival, sepanjang siang sampe sore pengunjung dihibur sama aksi dari komunitas pecinta BMX. Meski sempat diguyur hujan yang terpaksa menunda penampilan para BMXers, tapi keseruannya tetep nggak pudar kok. Apalagi setelah hujan reda, kru langsung sigap menyiapkan arena sehingga kompetisi freestyle bisa kembali dilanjutin. 

LEPAS PENAT BARENG IDGITAF DAN VIERRATALE

IDGITAF

Tapi kalo ngomongin one of the most memorable moment di hari pertama IMGS 2023, tepatnya di area Festival, ya tentu aja nonton penampilannya Idgitaf dan Vierratale. Di sesi inilah pengunjung keliatan banget ngelepas semua emosi sambil sing along bareng dua performer yang berasal dari dua generasi. Idgitaf tampil memukau lebih dulu dengan bawain beberapa lagu hitsnya kayak "Takut", "Kehilangan" dan lagu barunya yang juga jadi judul album debutnya "Mengudara. Kemudian penyanyi inspiratif yang masih berusia 22 tahun ini makin menghangatkan kembali dinginnya malam Senayan Park yang baru diguyur hujan lewat lagu "Satu-satu". 

Wah pecah banget pas bagian ini, Bro. Pengunjung bener-bener terbawa suasana sampai melompat-lompat sambil bernyanyi. Lagunya sendiri menurut gue emang enerjik, dan liriknya juga relate dengan audience yang notabene didominasi kalangan Gen Z yang beranjak dewasa. Di sela penampilannya, Gita pun nyampein pesan ke semua yang hadir untuk jangan takut menjadi dewasa. Memang berat untuk melangkah, apalagi kalau dalam perjalanan menuju dewasa diwarnai banyak kehilangan. Tapi kalo kita bisa ikhlas melepas semuanya, niscaya akan mendapat kebahagiaan! Setuju jangan? Setuju dong! 

Selang setengah jam, giliran Vierratale yang menyulap Senayan Park jadi makin meriah. Nggak pake lama, band penutup rangkaian acara di hari pertama Indonesia Millennial & Gen Z Summit 2023 ini langsung menggebrak dengan lagi Bertahan yang dibawakan dengan aransemen lebih modern. Di bagian akhir lagu, Widy bahkan mengejutkan pengunjung dengan melakukan teknik scream layaknya band hardcore! Apa nggak kaget tuh? Hahaha!

Selanjutnya secara berurut band dari kalangan Milenial ini bawain lagu-lagu andalannya sejak lama seperti "Dengarkan Curhatku" dan "Bersamamu". Kemudian Widy mengambil jeda dengan berinteraksi dengan pengunjung, termasuk memberi ucapan ulang tahun pada salah satu penonton. Keyboardis Kevin Aprilio pun ikut menyapa sambil ngenalin lagi punggawa bandnya mulai dari Jarot Nugroho (Bass), Ryan Hazairin Rahman (Drum), sampe Raka Cyril (Gitar) yang disambut hangat pengunjung. Setelah itu, suasana kembali panas setelah Vierratale lanjut ngegas dengan lagu "Kesepian", "Takut", "Cinta Butuh Waktu", "Tears", "Kepergianmu", hingga "Terlalu Lama".

Terus "puncak summit" malam itu jadi makin sempurna setelah Vierratale menutup konsernya dengan lagu "Jadi yang Kuinginkan". Sama seperti di lagu pertama, Widy kembali bikin kejutan dengan nge-scream di akhir lagu yang dibarengin sama letusan confetti ke udara. Top deh, Bro! Nyesel kan buat lo yang nggak dateng? 

Tenang, buat lo yang emang belum bisa datang di hari pertama, masih ada hari kedua dan ketiga kok. Saran gue, siapin dulu energi lo karena performer yang bakal manggung di Area Festival di hari ke-2 itu ada Kunto Aji sama JKT48. Tau kan kalo mereka tampil itu ramenya kayak apa? Udah gitu di sesi Conference, para pembicara top yang bakal ngisi acara juga nggak kalah seru. Di antaranya ada Aulion, Cinta Laura, Najwa Shihab, Edhozell, Kisah Tanah Jawa, Nessie Judge, dan masih banyak lagi. 

Terus di hari kedua, bakal ada sesi "Broadcast with Podcast: Where Every Story Find Its Stage” bareng Sastra Silalahi dan Oza Rangkuti bersama dua bintang tamu Iyas Lawrence dan Lula Lahfah juga di area Dome. Keempatnya bakal ngebahas inspiring topic tentang zamannya penyampaian informasi lewat podcast. Menarik, kan? Jangan sampe kelewatan ya, Bro! 

Yuklah ajak temen-temen inner circle lo, pacar, atau bahkan keluarga lo untuk datang. Jangan lupa, mampir ke booth MLDSPOT di area Festival karena setiap harinya lo berkesempatan bisa dapet minuman spesial gratis cuma dengan follow dan subscribe akun media sosial MLDSPOT. Asyik, kan? Nah, kalo di hari pertama ada aksi dari para BMXers, di hari kedua lo bisa nonton penampilan komunitas Kaiju Bop yang lagi ngetren belakangan ini. Buat yang nggak tau, mereka ini merupakan sebuah grup yang memadukan musik dengan cosplay dan costume dance party pertama di Indonesia. Penasaran? Makanya dateng ya, Bro. Gue tunggu!

 

Comments
Argha hendriandika
Mantap guys
asrul firmansyah
Acara ya seru banget gan dan penuh inspiratif