Trending
Rabu, 28 Februari 2018

Instalasi Yayoi Kusama hadir di Indonesia!

  • Share
  • fb-share
Instalasi Yayoi Kusama hadir di Indonesia!

Terkadang lo suka bingung nggak sih mau kemana saat weekend? Museum MACAN bisa menjadi alternatif yang seru buat lo, Urbaners! Selain bisa melihat ratusan karya seni, lo juga bisa menikmati instalasi dari seniman-seniman dunia. Inilah salah satu yang akan dibahas di program NET bernama MLDSPOT TV. Selain Museum MACAN akan ada juga komunitas Star Wars yang terintegrasi langsung oleh Lucasfilm, atau furnitur yang terbuat dari kardus.

 

Ratusan karya seni kontemporer dunia di Museum MACAN

Meskipun museum ini terbilang baru, tapi gaungnya cukup terdengar. Saat awal pembukaan pada November 2017, Museum MACAN tidak pernah sepi pengunjung. Museum yang memamerkan sekitar 800  karya seni kontemporer para seniman dunia yang telah dikumpulkan selama kurang lebih 25 tahun mulai dari Asia, Amerika, Eropa sampai Indonesia sendiri. Salah satunya ada instalasi karya Yayoi Kusama seniman asal Jepang yang memadukan cermin dengan LED, air, dan panel kayu yang menjelma jadi karya yang indah.

 

Ketika bercocok tanam tidak membutuhkan lahan yang luas

Kini bercocok tanam tidak memerlukan lahan yang besar. Seperti yang dilakukan Azri, seorang arsitek asal Bandung yang menggabungkan seni arsitektur dengan seni bertani microgreens (sayuran yang dipanen saat usia muda dengan nutrisi yang masih terkonsentrasi). Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin memproduksi perlengkapan pangannya sendiri dengan skala kecil. Karena itulah ia mengembangkan produk TAN-EUH untuk memperkenalkan media tanam sekaligus pola hidup sehat khususnya untuk masyarakat kota. Azri yang sudah sangat familiar dengan dunia pertanian sejak kecil ini kerap mengadakan workshop kecil dan mengembangkan project yang berkaitan dengan tanaman, salah satunya adalah Salt Farmers Initiative Project.

 

Kardus sebagai pengganti kayu untuk furnitur rumah tangga

Jika berbicara tentang furnitur, boleh jadi, yang ada di pikiran lo adalah kayu dan besi? Sebenarnya ada bahan dasar lain yang bisa disulap menjadi produk home and living, lho, Urbaners! Adalah kardus, yang sering dianggap tidak terpakai dan dibuang begitu saja ternyata mampu menahan sejumlah beban dan bisa dijadikan menjadi furnitur layaknya kayu. Seperti yang dilakukan oleh Dus Duk Duk, sebuah produk yang semua barangnya berbahan dasar kardus. Tidak hanya membuat furnitur kursi atau meja, produk satu ini juga bisa membuat furnitur siap pakai sebagai pemanis ruangan sampai custom packaging. Selain dapat mengurangi limbah rumah tangga, produk ini juga sangat unik dan mudah untuk dipasang.

 

Komunitas penggila Star Wars yang terintegrasi dengan Lucasfilm

Bagi komunitas ini, Star Wars memang bukan hanya sekadar film, tetapi juga bagian dari hidup mereka. Komunitas yang bernama 501st Legion ini telah berdiri sejak 2011. Berbeda dari komunitas Star Wars lainnya, karena 501st Legion telah mendapatkan pengakuan dari Lucasfilm dan terintegrasi secara langsung dengan komunitas 501st Legion pusat di Amerika. Bukan hal yang mudah untuk bergabung di komunitas ini, pasalnya lo harus membuat kostum Star Wars 1:1 mirip dengan aslinya dari mulai ukuran sampai detail desain. Once kostum tersebut sudah sesuai, pihak 501st Legion pusat akan memberikan official license number dan tanda bahwa lo sudah menjadi bagian dari komunitas. Selain bisa mengikuti cosplay, anggota komunitas ini juga mendapat keuntungan mulai dari diundang ke Red Carpet saat premier film Star Wars, mendapat discount untuk merchandise, hingga diundang ke event-event yang dibuat oleh film Star Wars, Lucasfilm, atau Walt Disney.  Dan yang pasti makin banyak koneksi para penggila Star Wars seluruh dunia!

 

Nah, mau tau versi lengkap konten-konten yang menginspirasi ini, Urbaners? Kalau gitu jangan lupa menontonnya di NET. setiap hari Minggu pukul 22.00 WIB. Nantinya juga akan ada performance dari musisi-musisi Indonesia, dan kuis yang berhadiah total jutaan rupiah! Stay tuned and get yourself inspired!

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Iriyandi
Mantap banget