Trending
Selasa, 19 Desember 2023

Slowcation Bakal Populer, Begini Tips Ngelakuinnya!

  • Share
  • fb-share
Slowcation Bakal Populer, Begini Tips Ngelakuinnya!

Masih ingat sama staycation yang sempat booming selama beberapa tahun belakangan ini? Kayaknya, era hits gaya liburan satu itu udah mulai digantiin sama pemain baru, nih. Soalnya, Pinterest udah ngasih prediksi kalau slowcation bakal jadi cara healing yang populer! Hold up, kok bisa? Terus, slowcation itu apa in the first place? Biar lo enggak bingung, sini merapat biar gue bisa kupas tuntas bareng-bareng sama lo!

 

Apa Itu Slowcation?

Enggak beda jauh dari kebanyakan istilah kekinian yang ngegabungin dua kata buat bikin singkatan baru, slowcation juga sama. Basically, ini kombinasi dari kata “slow vacation” yang sesuai artinya, lebih fokus ke nikmatin liburan dengan lebih santai. Gimana maksudnya, dan apa bedanya sama staycation yang dulu populer abis?

Begini, coba bayangin lo jadi turis yang ikutan kelompok tur keliling atau jalan sendirian. Most likely, lo bakal terdorong buat cobain semua makanan dan atraksi populer di tempat yang lo kunjungin dalam waktu singkat, kan? Well, gue pernah ada di posisi begitu karena ngerasa sayang sama duit dan durasi liburan yang terbatas, jadi lo enggak sendirian!

Tapi, slowcation justru ngedorong lo buat fokus ke satu kegiatan dan tempat aja buat nikmatin liburan. So, lo enggak perlu grasak-grusuk ke destinasi atau kelarin butir to-do list yang berikutnya. Ini beda dari staycation di mana lo masih bisa ngunjungin sebanyak mungkin lokasi dalam waktu singkat, meski cakupannya terbatas sama daerah dekat tempat tinggal aja.

 

Kelebihan Slowcation

Lantas, kenapa slowcation diprediksi bakalan hits banget di kalangan anak muda? Gue rasa, jawabannya ada di berbagai kelebihannya, Bro! 

Soalnya, kalau lo nerapin slowcation, lo enggak perlu ngerasa tertekan atau FOMO gara-gara harus ngejajal banyak hal dalam kurun waktu terbatas. Jadi, lo benar-benar bisa menghayati rasa, pemandangan, sama suara di sekitar lo. Di sisi lain, ini juga ngasih lo lebih banyak kesempatan buat interaksi sama warga dan budaya lokal dengan lebih mendalam. At the end, lo juga punya lebih banyak waktu buat istirahat biar gak burnout!

Terus, karena lo cukup liburan di satu tempat dan ngelakuin satu kegiatan aja, tren slowcation juga bisa ngebantu lo hemat budget. Habisnya, jalan-jalan ke banyak tempat buat ngelakuin banyak hal tentunya butuh lebih banyak dana, kan? Apalagi, kalau lo pakai transportasi yang waktu perjalanannya lebih singkat kayak pesawat. 

 

3 Tips Slowcation biar Cihuy

Tertarik buat nyobain tren slowcation pas tahun baru nanti? Nih, gue punya tipsnya biar liburan lo makin nikmat. Check it out!

1. Fokus ke satu destinasi aja

Kalau lo selama ini terbiasa bikin daftar tujuan wisata sepanjang jalan kenangan, coba injak rem sejenak dan tarik napas. Sebaiknya, lo pilih satu destinasi aja biar lo bisa lebih fokus nikmatin semua keindahan alam sama ngejajal lebih banyak hal selama seharian penuh. Buat rekomendasi awal, lo bisa mampir ke tempat hidden gem kayak di daftar rekomendasi ini, nih.

2. Bikin agenda liburan yang minimalis

Enggak cuma daftar destinasi yang bakal didatangin, slowcation juga nekenin pentingnya bikin agenda liburan yang minimalis. Artinya, kalau lo punya hal yang mau dilakuin, fokus ke satu atau dua butir aja buat sehari. 

Misalnya, kalau lokasi penginapan lo lebih dekat sama pusat street food, lo bisa kulineran dulu di hari pertama. Terus, besoknya, barulah lo bisa mampir ke tempat wisata alam. Psst, kalau lo butuh rekomendasi ide kegiatan yang macu adrenalin, cobain spot ciamik versi gue buat olahraga ekstrim di sini!

3. Kurangi distraksi dari gadget

Mindfulness is the name of the game buat slowcation. Artinya, lo harus benar-benar pusatin pikiran ke apa yang lagi lo lakuin selama berlibur. Jadi, coba kurangin distraksi dari gadget dengan matiin notifikasi smartphone dan simpan di tempat yang aman untuk sementara. 

Tenang, lo masih boleh foto-foto pakai kamera, kok, buat mengenang liburan lo. Tapi, pastiin aja lo enggak habisin sebagian besar waktu buat berkutat bikin foto yang perfect biar lebih fokus ke lingkungan sekitar destinasi.


Gimana, lo udah enggak sabar buat ngerasain sendiri liburan dengan gaya yang lebih chill? Tren slowcation patut masuk ke bucket list lo, nih! Kalau misalnya lo dikasih kesempatan buat liburan ke mana aja tanpa harus mikirin budget sama waktu, kira-kira lo mau ngapain aja sambil terapin prinsip slowcation? Coba bagiin angan-angan lo, Bro!

Comments
asrul firmansyah
Artikel yang sangat bermanfaat
Agus Sungkawa
Tips yang bermanfaat