Inspiring People
Senin, 31 Oktober 2022

Apakah Frugal Living Termasuk Hemat atau Pelit? Bahas Bareng Adriano Qalbi dan Devan "Demotivator"

  • Share
  • fb-share
Apakah Frugal Living Termasuk Hemat atau Pelit? Bahas Bareng Adriano Qalbi dan Devan "Demotivator"

Lo sudah mulai mengenal istilah-istilah baru seperti salah satunya, yaitu frugal living atau gaya hidup super hemat yang sering terdengar belakangan ini di lingkungan sekitar? Entah dimulai dari mana istilah tersebut mulai muncul di peredaran sampai menjadi perbincangan hangat terutama di kalangan kaum Gen Z.

Gelombang tren baru ini tiba-tiba menjadi hype dan cool, padahal gaya hidup berhemat sudah ada dari zaman dulu. Nah, sedikit mundur sejenak di episode ke-81 dari MLDPODCAST sudah membahas topik tentang frugal living.

Simak selengkapnya keseruan obrolan dari Baskara “Basboi” (BB) selaku host yang ditemani Adriano Qalbi (AQ), bisa dibilang seniornya stand up komedi, dan ada juga Devan “Demotivator” (DD).

(BB) Yang jadi pertanyaan gue sekarang nih kenapa frugal living menyebabkan ini jadi trending, kayak hype, kayak keren, padahal konsep ini sudah ada dari nenek moyang kita gitu loh. Menurut lo apa yang menyebabkan ini menjadi semacam copy mechanism, ya udah ini gue kasih istilah aja biar lifestyle ini jadi keren atau gimana menurut lo?

(AQ) Yah selain pressure jadi keren, gue rasa juga mungkin banyak orang-orang yang sudah mulai mengutamakan comfort gitu ya. Maksudnya comfort dulu yang dikejar, padahal dia tuh potensinya bisa jauh lebih besar lagi dan lo kayak berlindung dari itu loh, padahal lo cuma takut sama pressure lebih gede. Dan sebetulnya itu sangat disayangkan sih.

(DD) Karena?

(AQ) Yah karena menurut gue, maksudnya kenapa lo nyunat potensi lo sendiri. Lo bisa kok achieve hal yang lebih gede dan kalo emang ternyata lifestyle lo jadi tambah gede tapi pendapatan lo jauh lebih gede ya gak masalah.

(BB) Iya, why not. Gue setuju itu.

(AQ) Sekarang tuh kayaknya kos nyaman tuh bisa jadi trap, di mana lo kayak ya udah ngekos kayak gini juga gak masalah gitu.

(BB) Akhirnya lo kasih nama ya.

(AQ) Iya, terus kayak ada justifikasi gitu.

(BB) Frugal, pelit atau hemat?

(DD) Hemat.

(AQ) Menyiksa diri sih menurut gue haha..

(BB) Menurut lo hemat, dalam artian gimana?

(DD) Ya karena kalo misalkan lo ada tujuan finansial tertentu, frugal yang sebenarnya kan likely seperti itu ya. Itu menurut gue hemat, bukan pelit.

(BB) Tapi kalo hanya untuk sekedar ngirit di sini biar ngejos di sini sama saja bohong kan. Itu namanya pelit kan ya.

(AQ) Itu lebih ke denial sebetulnya.

(BB, DD) Hahaha…

Sudah mulai nyambung dengan obrolan mereka bertiga soal frugal living? Simak obrolan selengkapnya yang bisa lo tonton via MLDSPOT TV, atau dengerin versi audionya di sini.

Menurut lo apakah frugal living bisa efektif di kehidupan lo sendiri? Share di kolom komentar, Bro.

Dengerin episode-episode seru lainnya dari MLDPODCAST tentang festival musik, fenomena karaoke night, career shifting, sampai cancel culture hanya di Spotify. Follow juga @mldspot dan kunjungi mldspot.com untuk terus up to date artikel lifestyle dan musik terkini.

Comments
Putra Pratama
menarik nih bro
Zirkon Z
Tergantung sama kita dalam mengartikannya