Inspiring Products
Jumat, 08 September 2023

Locarpet, Karpet Kustom Lokal yang Jadi Idaman Seleb Mancanegara

  • Share
  • fb-share
Locarpet, Karpet Kustom Lokal yang Jadi Idaman Seleb Mancanegara

Kalau ngomongin soal mobil custom mungkin udah biasa. Tapi pernah enggak lo kepikiran, kalau barang lain macam karpet juga bisa di-custom?

Nah, kalau lo bosen sama desain karpet dan keset yang ada di rumah, cobain nih Locarpet. Brand lokal asal Magelang ini punya produk custom rugs keren, sesuai desain yang lo mau. Bahkan beberapa kali, mereka udah nerima pesanan dari luar negeri, loh.

Karena penasaran, gue akhirnya mutusin untuk ngobrol bareng Adi Puguh Pangeksi, founder dan owner-nya Locarpet. Simak obrolan gue bareng Puguh, yuk!

 

Seize The Opportunity

Di awal obrolan, Puguh cerita kalau Locarpet itu berdiri karena enggak sengaja. Jadi ceritanya, di sekitar awal 2020 dia ketemu sama teman lama, seorang pengusaha pabrik karpet yang lagi punya masalah penjualan karena pandemi.

Nah, Puguh yang udah 7 tahun pengalaman di bisnis clothing akhirnya punya ide untuk take over usaha tersebut. Tapi yang buat bisnisnya ini beda adalah, Puguh mau langsung masuk ke social media sebagai brand, bukan cuma pabrik yang produksi karpet biasa aja. 

Hal ini dia lakuin supaya customer bisa custom order langsung desain karpet apa yang mereka mau. Nah, nama Locarpet pun muncul di Juli 2020. Kata Puguh sih, nama ini tuh gabungan dari “local-carpet” dan plesetan “local pride” yang lagi booming banget pas waktu itu.

Baru semingguan jalan, eh Locarpet dapet kejutan dapat orderan langsung dari US, loh. Padahal akun Instagram mereka aja belum ada 500 follower waktu itu. Dan ternyata, yang ngontak itu music director-nya Post Malone!

“Tapi kalau ada kesempatan dan kita enggak olah, kan sayang ya. Jadi, kita beraniin diri aja. Eh mulai dari situ, ternyata malah pasarnya banyak dari luar negeri. Yang awalnya cuma mikir ‘Apa iya bisa sampai ke pasar internasional?’ ternyata Locarpet malah bisa,” cerita Puguh.

 

Tiba-Tiba Diorder Banyak Selebriti Luar Negeri

Enggak disangka, orderan tadi ternyata di-posting langsung sama Post Malone, yang juga sambil ngasih pujian buat produk Locarpet. Postingan itu yang akhirnya buat Locarpet dapat lebih banyak lagi order dari luar negeri.

Enggak nanggung-nanggung, seleb-seleb lainnya macam Hayley Williams-nya Paramore, Travis Barker Blink 182, Jonah Hill, sampai Cruz Beckham bahkan juga pernah order dan pakai Locarpet, loh! 

Gak cuma orderan seleb luar aja, Locarpet akhirnya juga ngadain kolaborasi digital bareng streetwear artist internasional seperti The Hundreds, Starky Grzesiak, Sijenesuispasla, Happy Kane, Cinco untuk naikin exposure-nya.

Puguh lanjut cerita kalau sekarang, konsumen karpet custom Locarpet juga banyak datang dari pecinta anime. Menurutnya, ini salah satu tipe klien kustom mayoritas untuk Locarpet sekarang. Kalo ngintip website mereka nih, memang banyak desain karpet yang bisa lo pre-order dengan design karakter anime.

Waktu diminta ngasih perkiraan berapa banyak karpet yang udah diproduksi, Puguh bilang kalo selama 3 tahun ini mereka udah produksi lebih dari 10 ribu karpet dan ngirim ke lebih dari 44 negara, loh! Tapi beberapa harus ditolak karena masalah regulasi pengiriman ke sana.

 

Uniqueness yang Menghasilkan Banyak Exposure

Satu hal yang juga buat gue cukup amazed adalah, ketika klien-klien besar di luar negeri ngasih pujian dan ngerasa puas dengan produk Locarpet. Malah mereka juga enggak ragu untuk promosiin produk Locarpet di social media dengan gratis, tanpa bayaran apapun.

Ini juga yang buat Puguh ngerasa kalau antusiasme klien mereka adalah salah satu hal yang bernilai banget. Secara, Locarpet kan enggak endorse, jadi mereka yang beli dan promo sendiri.

Kalau menurut gue sih ini karena Locarpet emang punya keunikan sendiri. Misalnya seperti karpet glow in the dark, desain yang artsy, atau malah model interaktif dengan fitur AR-nya. Pengerjaan yang hand-tufted alias enggak full mesin juga buat Locarpet masuk ke kategori handicraft yang memang punya pasarnya sendiri.

Puguh juga cerita kalo mereka biasa ngirim produk dengan packaging exclusive, plus banyak freebies extra macam air freshener, sticker, plus sertifikat asli dari Locarpet.

Pas ditanya soal gimana Locarpet bisa ngasih inspirasi, Puguh jawab kalau penting untuk ambil kesempatan yang ada, pelajari prosesnya, konsisten, dan selalu adaptasi sama kondisi. Karena memang jalan hidup yang mungkin memang bawa lo ke sana. 

Dia juga nambahin kalau ternyata ada banyak loh, barang dan produk lokal Indonesia yang sebenarnya diminatin pasar luar negeri. Memang sih, ini bakalan balik lagi ke cara brand itu ngemasnya. Tapi kalau kata Puguh, yang penting zaman sekarang itu adalah kreativitas, inovasi, dan adaptasi dengan tren yang ada. 

Di masa depan, Locarpet juga punya rencana buat ngerambah industri home living, loh! Gimana, lo makin kepo enggak sama perjalanan Locarpet ini kedepannya? Lo juga bisa intip akun Instagram Locarpet di @locarpet.craft dan @locarpet_indonesia, atau liat postingan Instagram MLDSPOT yang pernah kasih shoutout ke mereka.

Dan, kalau lo mau tetep up-to-date sama produk, profil dan komunitas lokal lainnya, jangan lupa pantengin artikel LOCAL GREATNESS-nya MLDSPOT ya. Plus, jangan lupa login ke akun MLDSPOT lo sebelum baca artikel, supaya bisa ngumpulin poin yang bisa lo tukar sama hadiah menarik nanti!

Comments
Hetty K
Kayak gini aku suka banget joozzz
Arsha Julio Fatahillah
Sesuatu yang menarik hati banget, luaarrbiasaaaa