Walk Off the Earth, Gemintang Di Balik Kesederhanaan

Posted :

January 12, 2017

Ingat dengan video YouTube berisi 5 orang memainkan satu gitar yang sama sekaligus? Nah, Walk Off the Earth inilah pelakunya. Dengan cover lagu milik Gotye yang berjudul Somebody That I Used to Know, nama WOtE semakin melejit. Bahkan, lagu cover tersebut mendapatkan sambutan positif dari sang penyanyi asli, baik si Gotye maupun pasangan duetnya, Kimbra. Lalu, bagaimana kisah WOtE dari dulu hingga sekarang?

 

Berawal dari YouTube

Walk Off the Earth adalah musisi indie asal Kanada yang punya aliran cukup beragam, mulai dari alternative rock, ska, hingga reggae rock. Berawal dari video-video cover di YouTube, Walk Off the Earth jadi punya nama di hampir seluruh penjuru dunia. Video covernya pun nggak terlalu bagus kualitasnya bahkan terkesan low budget. Tapi dibalik kesederhanaan tersebut, grup musik yang terdiri atas Sarah Blackwood, Gianni ‘Luminati’, Nicassio, Ryan Marshall, Mike ‘Beard guy’ Taylor, dan Joel Cassady ini memiliki talenta yang luar biasa.

Band ini didirikan sejak tahun 2006. Kala itu, WOtE hanya merilis lagu-lagu indie. Selebihnya, hanya lagu-lagu cover dari The Gregory Brothers.

 

Tenar berkat Gotye

Tahun 2012 adalah titik balik ketenaran WOtE. Saat itu mereka merilis lagu cover Somebody That I Used to Know milik Gotye via YouTube. Dalam video tersebut, lima anggota WOtE terlihat memainkan lagu tersebut dengan satu gitar yang sama sekaligus. Video ini pun dapat respon yang luar biasa. Hanya dalam waktu empat bulan saja, sudah ada 127 juta views yang mereka dapat. Video lagu cover tersebut bahkan mendapat respon positif dari penyanyi aslinya, Gotye dan Kimbra.

Jangan salah, meskipun kebanyakan lagunya merupakan lagu cover, tapi sudah ada 7 album yang dirilis oleh grup musik bergaya slengean ini. Mulai dari Smooth Like Stone on a Beach (2007), My Rock (2010), Vol.1 (2012), Vol.2 (2012), R.E.V.O. (2013), Sing It All Away (2015), hingga yang terbaru Fire in My Soul (2016).

Buat lo yang ingin memulai menikmati lagu dari WOtE, lo bisa nyobain lagu cover Can’t Feel My Face yang mereka nyanyikan bareng Scott Helman. Jangan kaget kalau lo menemukan alat musik aneh di video-video lain.

SHARE

Facebook Twitter Google+

Other Trendspotter