Dibalik keindahan Menggunakan Dasi - MLDSPOT
  • Fashion
  • Dibalik keindahan Menggunakan Dasi

Dibalik keindahan Menggunakan Dasi

Tue, 02 August 2016

Pada tahun 1600an, tentara Perancis membuat terobosan baru untuk membedakan mana tentara dengan pangkat tinggi dan pangkat rendah. Cara membedakannya adalah tentara dengan pangkat tinggi ini adalah dengan memakai dasi. Walaupun dasi ketika itu masih terlihat seperti kain yang hanya dililitkan, tahun 1800an sampai 1900an dasi adalah lambang sebuah supremasi sebuah manusia. Dan pada kenyataannya sekitar tahun 80an dan 90an dasi nggak lagi populer, di tahun 2016 ini dasi malah menjadi salah satu perangkat wajib untuk bepergian.

 

Dasi nggak hanya untuk situasi resmi

Kalau lo biasanya melihat di televisi atau berita, banyak sekali orang yang memakai dasi ketika berada di acara resmi, itu memang nggak salah. Tetapi sekarang lo akan melihat banyak sekali orang yang memakai dasi ketika bepergian, walaupun hanya sekedar nongkrong. Dasi akan sangat pas dengan baju lo ketika lo memilih model dasi dan warna baju yang cocok.

Salah satu warna baju yang cocok dipadukan dengan dasi adalah kemeja kotak-kotak. Khususnya dasi kupu-kupu, dengan sentuhan simpel lo akan terlihat dewasa dan berwibawa ketika memakai dasi. Selain itu untuk dasi model panjang, lo bisa menggabungkan dengan memakai kemeja polos dan setelan jas yang keren.

 

Perhatikan selalu model dasi

Melihat di tahun 2010an ini dasi sudah mulai digandrungi, banyak orang kemudian mencoba peruntungan dengan memakai dasi. Dasi adalah salah satu alat yang bisa ngebuat lo terlihat keren dan sebaliknya lo bisa terlihat seperti orang konyol. Dasi yang terlalu lebar akan membuat terlihat kecil dan begitu juga sebaliknya. Jadi alangkah baiknya lo berkonsultasi dan melihat jenis dasi sebelum membeli.

Referensi dasi sekarang sangat banyak, dan hampir di setiap toko baju pasti menjual dasi. Jadi lo bisa mencoba segala macam dasi, mulai dari dasi wool, dasi kupu-kupu, dasi polos, dot dan sebagainya. Ketika lo sudah menemukan dasi yang cocok, lo bakal gampang menentukan jenis dasi yang cocok Urbaners. Tertarik menggunakan dasi?

 

Source: fashionbeans.com

Inspirasi Outfit Smart Casual: Ini Style-nya Para Eksmud!

Fri, 05 March 2021
Smart Casual

Setiap orang emang punya style-nya masing-masing dalam berpakaian dan pastinya punya referensi yang berbeda-beda. Meskipun begitu, style yang dimiliki pasti juga akan disesuaikan dengan waktu dan tempat yang akan kunjungi.

Kalau datang ke tempat yang formal, pasti lo akan menggunakan pakaian yang casual. Sekedar outfit casual adalah hal yang biasa, tapi kalau smart casual – apakah lo udah pernah coba menerapkannya, bro?

Berbeda dengan outfit casual biasa, smart casual akan memberikan kesan yang berbeda bagi lo yang menggunakannya – ya pakaian ala-ala eksekutif muda Ibukota lah. sebenarnya, smart casual adalah jembatan penyambung dalam outfit casual biasa dengan business casual.

Kalau mau disimpulkan, smart casual merupakan pakaian yang semi-casual dan cocok buat lo pake di waktu formal maupun semi formal.Dari pada bingung sendiri menentukan mana yang casual dan smart casual, mending langsung simak aja ulasannya di bawah inI!

Mengenal Smart Casual

Seperti yang sudah dikatakan di atas, smart casual merupakan outfit yang posisinya berada di tengah-tengah pakaian casual dan business casual – sehingga penampilan dari outfit ini terlihat lebih semi-formal.

Meskipun berada di tengah-tengah, sebenarnya smart casual merupakan penggabungan antara outfit casual dengan business casual namun dengan porsi yang secukupnya – alias nggak memaksakan penggabungan dari kedua jenis outfit ini. Karena kalau dipaksakan pasti nanti bakal fail, bro!

Perbedaannya dengan Pakaian Casual Lain

Sebelum membahas mengenai outfit smart casual yang sebenarnya, lebih baik lo mengetahui lebih dulu – sebenarnya apa yang membuat outfit ini lebih istimewa dan juga layak untuk dicoba. Memang untuk mengetahui outfit casual satu dengan yang lain sedikit tricky – karena memiliki kesamaan dalam beberapa hal.

Seperti halnya penggunaan kemeja lengan panjang, celana chinos, denim, jaket kulit, dan pakaian formal lainnya – hal tersebut pasti dikatakan sebagai outfit casual, bukan?

Namun yang perlu ditekankan, pakaian smart casual lebih membuat lo terlihat fleksibel ketika menggunakan. Baik mau ke event yang formal, semi-formal, ataupun non-formal sekalipun – lo bisa menggabungkan jenis-jenis pakaian di atas dengan menarik – contohnya dengan menggunakan teknik layering.

Biar lebih paham, coba perhatikan gambar di bawah ini, bro!

Smart Casual

Credit image – Styles of Man

Inspirasi Outfit Smart Casual

Setelah membaca penjelasan mengenai outfit smart casual, apakah lo masih bingung tentang outfit casual yang satu ini?

Tenang – MLDSPOT udah nyiapin inspirasi outfit smart casual yang bisa lo gunakan untuk sehari-hari dan pastinya bakal bikin lo terlihat makin keren. Coba simak di bawah ini, bro!

  • Style Blazer dengan Chinos

Smart Casual

Credit image – Mr Porter

Di outfit smart casual, sepertinya Blazer bukan lagi pakaian yang hanya digunakan di saat formal, karena pada outfit ini lo akan terlihat lebih elegan, bukan malah menjadi formal. Menggabungkan blazer dengan chinos.

Untuk dalamannya sendiri lo bisa menggunakan turtle neck atau sweaters dan menggabungkannya dengan sepatu loafers. Dengan outfit ini, lo akan terlihat lebih elegan meskipun datang ke tempat yang santai.

  • Penggabungan Kemeja Formal tanpa Dasi

Smart Casual

Credit image – Mr Porter

Kalau kemeja identik dengan pakaian formal, tapi tanpa dasi – merasa aneh? Tenang aja, lo akan terlihat baik-baik aja atau bahkan lebih keren!

Outfit ini cocok banget buat lo pake ngantor dan masih pengen nongkrong sekedar chat and chill untuk nge-beer bareng sama temen-temen lo.

  • Sweater, Kemeja, dan Trousers

Smart Casual

Credit image – Mr Porter

Untuk menggunakan outfit smart casual yang satu ini – pastikan lo nggak pergi ke tempat yang menyerap banyak cahaya matahari, kalau nggak – lo akan bermandikan keringat!

Untuk dinner ataupun lunch di tempat indoor, inspirasi smart casual ini cocok banget buat lo. Dengan menggunakan kemeja di dalamnya dan menggunakan sweater, serta menggabungkannya dengan trousers, lo akan terlihat kece dengan teknik layering yang akan lo gunakan ini!

  • Mix & Match dengan Jeans

Smart Casual

Credit image – Luxe Jeans

Nggak harus menggunakan chinos dan trousers, untuk terlihat smart casual lo juga bisa menggunakan jeans – tepatnya pocket jeans.

Dengan menggabungkan kemeja gelap ataupun kemeja putih dengan outwear gelap dan memadukannya dengan sepatu loafers, lo cukup terlihat good-to-go untuk meeting dan nongkrong bareng temen-temen lo!

Ternyata pakaian smart casual nggak melulu soal casual dan formal kan, bro? Apakah lo siap untuk terlihat lebih kece ala-ala eksekutif muda Ibukota, bro?

 

Feature image – Luxe Digital