Jadilah Seorang Burger Expert - MLDSPOT
  • Food
  • Jadilah Seorang Burger Expert

Jadilah Seorang Burger Expert

Tue, 22 March 2016

Burger adalah makanan paling sederhana yang praktis dinikmati kalau perut lo lagi laper-lapernya. Lo pasti bakal langsung puas dengan hanya makan burger. Sayangnya, burger yang dijual di restoran fast food kadang nggak ada rasanya bahkan nggak enak. Salah satu cara untuk makan burger enak adalah dengan bikin burger sendiri. Nggak perlu kuliah jauh-jauh ke Amerika buat jadi burger expert. Cukup simak tips berikut ini baik-baik.

Daging jadi kunci kenikmatan

Titik paling krusial dalam sebuah burger adalah daging gilingnya. Apa yang bikin daging burger enak? Lemak. Ya, bagian yang paling enak ini adalah campuran paling enak dalam membuat daging giling untuk burger. Perbandingan yang tepat adalah 85/15 (85% daging dan 15% lemak). Campuran ini akan bikin burger lo makin tasty.

 

Kenali komposisi daging

Daging sapi ternyata nggak cuma satu macam saja. Ada bagian-bagian tersendiri dalam daging sapi. Namun, untuk burger, cuma ada 4 jenis daging yang paling cocok, antara lain, Short Rib, Brisket, Sirloin, dan Chuck. Short Ribs adalah potongan daging yang sangat memberikan rasa. Brisket sangat enak karena punya asam oleic. Sirloin adalah daging yang sering digunakan untuk steak, jadi berasa makan steak kalau burger lo pakai pilihan daging ini. Yang terakhir adalah chuck, potongan daging yang paling clean rasanya.

Kenali jenisnya juga

Kalau udah ngerti jenis-jenis daging sapi, sekarang perhatikan label pada daging yang lo beli. Biasanya nih, ada 3 label yang muncul, Choice Beef, Certified Angus, dan grass-fed. Choice Beef adalah daging yang paling bagus dengan ciri lemak yang tersebar rata. Certified Angus adalah daging sapi peranakan Angus. Sedangkan Grass-fed beef adalah daging sapi yang sapinya diberi makan rumput saja, tanpa campuran gandum.

Cari tahu kesegaran daging

Biasanya, daging sapi berlabel ada tanda tanggal expired. Kalau nggak ada labelnya, ada baiknya lo menekan daging tersebut. Jika daging ditekan masih ada darah-darahnya dikit, itu artinya daging itu segar.

Mana nih yang sulit? Nggak ada kan? Yang paling penting dari semua tips tersebut adalah bagaimana lo membuat burger dengan cita rasa universal. Langsung aja deh praktekin tips di atas.

 

Source:
yahoo.com
Wikipedia.com

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis