Home Food Jadilah Seorang Burger Expert

Jadilah Seorang Burger Expert

Tuesday, March 22, 2016 - 14:56
Bagikan
Facebook Twitter Email

Burger adalah makanan paling sederhana yang praktis dinikmati kalau perut lo lagi laper-lapernya. Lo pasti bakal langsung puas dengan hanya makan burger. Sayangnya, burger yang dijual di restoran fast food kadang nggak ada rasanya bahkan nggak enak. Salah satu cara untuk makan burger enak adalah dengan bikin burger sendiri. Nggak perlu kuliah jauh-jauh ke Amerika buat jadi burger expert. Cukup simak tips berikut ini baik-baik.

Daging jadi kunci kenikmatan

Titik paling krusial dalam sebuah burger adalah daging gilingnya. Apa yang bikin daging burger enak? Lemak. Ya, bagian yang paling enak ini adalah campuran paling enak dalam membuat daging giling untuk burger. Perbandingan yang tepat adalah 85/15 (85% daging dan 15% lemak). Campuran ini akan bikin burger lo makin tasty.

 
Kenali komposisi daging

Daging sapi ternyata nggak cuma satu macam saja. Ada bagian-bagian tersendiri dalam daging sapi. Namun, untuk burger, cuma ada 4 jenis daging yang paling cocok, antara lain, Short Rib, Brisket, Sirloin, dan Chuck. Short Ribs adalah potongan daging yang sangat memberikan rasa. Brisket sangat enak karena punya asam oleic. Sirloin adalah daging yang sering digunakan untuk steak, jadi berasa makan steak kalau burger lo pakai pilihan daging ini. Yang terakhir adalah chuck, potongan daging yang paling clean rasanya.

Kenali jenisnya juga

Kalau udah ngerti jenis-jenis daging sapi, sekarang perhatikan label pada daging yang lo beli. Biasanya nih, ada 3 label yang muncul, Choice Beef, Certified Angus, dan grass-fed. Choice Beef adalah daging yang paling bagus dengan ciri lemak yang tersebar rata. Certified Angus adalah daging sapi peranakan Angus. Sedangkan Grass-fed beef adalah daging sapi yang sapinya diberi makan rumput saja, tanpa campuran gandum.

Cari tahu kesegaran daging

Biasanya, daging sapi berlabel ada tanda tanggal expired. Kalau nggak ada labelnya, ada baiknya lo menekan daging tersebut. Jika daging ditekan masih ada darah-darahnya dikit, itu artinya daging itu segar.

Mana nih yang sulit? Nggak ada kan? Yang paling penting dari semua tips tersebut adalah bagaimana lo membuat burger dengan cita rasa universal. Langsung aja deh praktekin tips di atas.

 

Source:
yahoo.com
Wikipedia.com