William Sunito dari Tokowahab, Wakili Indonesia di Forbes 30 Under 30

Berangkat dari keyakinan bahwa UMKM kuliner di Indonesia memiliki peranan terpenting dalam perekonomian, serta bekal ilmu setelah kuliah di University of Washington, William Sunito berhasil mengembangkan bisnis keluarga yang sudah berdiri puluhan tahun menjadi model bisnis yang lebih modern dengan visi mulia.

William mengadaptasi perusahaan Tokowahab, toko dengan model Business to Business (B2B) yang menyediakan bahan baku untuk perusahaan manufaktur dan franchise, menjadi sebuah perusahaan online dengan target pasar pelaku UMKM di bidang bakery dan pastry. Adaptasinya di era revolusi industri 4.0 ini ternyata berhasil membawa William untuk masuk dalam deretan Forbes 30 Under 30. Simak di sini kisah inspiratifnya!

 

Mengembangkan Bisnis Keluarga

Tokowahab adalah bisnis keluarga William di bidang bahan baku bakery dan pastry yang telah berdiri sejak tahun 1957. Selama puluhan tahun, Tokowahab menyuplai bahan baku bakery dan pastry untuk perusahaan-perusahaan besar yang menjadi langganan. Sebagai generasi ketiga, William melihat peluang besar dalam bisnis keluarga ini. Setelah menyelesaikan studi di Amerika, ia langsung memutuskan untuk terjun ke bisnis keluarga dengan membawa konsep baru berbasis digital.

“Memang itu kemauan saya sendiri untuk in charge di perusahan keluarga, karena saya melihat peluang besar di bisnis ini. Perekonomian di Indonesia itu sebagian besar ada di bisnis kuliner, terutama di UMKM,” ujarnya penuh keyakinan. Bungsu dari tiga bersaudara ini juga memiliki visi yang mulia dalam konsep barunya di Tokowahab, yaitu memajukan UMKM di bidang kuliner.

Pada 2016, William Sunito mendirikan PT. Global Digital Lestari yang menaungi Tokowahab.com

Setelah berdiri bertahun-tahun, tentu nggak gampang mengubah model bisnis yang diterapkan sejak lama. Di awal terjun pun William mengaku menemui beberapa kendala, salah satunya yaitu meyakinkan manajemen Tokowahab bahwa terdapat potensi tinggi di ranah online.

Berkat kegigihannya, William berhasil membuktikan bahwa Tokowahab bisa mendapat tempat di dunia online. Kemudian, pada tahun 2016, ia mendirikan perusahaannya sendiri dengan nama PT. Global Digital Lestari yang menaungi Tokowahab.com, atau perusahaan Tokowahab yang bergerak secara online.

 

Dari Bahan Baku Murah Hingga Mengedukasi UMKM

Melalui Tokowahab.com, William Sunito menjangkau pebisnis kuliner dengan skala yang lebih kecil atau pelaku UMKM. “Kita menyediakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang murah, bersertifikat halal, dan berlisensi BPOM,” terangnya. Nggak hanya itu, Tokowahab.com juga memiliki banyak program andalan yang juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi UMKM di bidang kuliner untuk mengembangkan bisnisnya.

“Kita ada Wahab Baking Center, ada materi di IG live dan berbagi resep. Ada juga workshop atau cooking class-nya,” terang pria berusia 27 tahun itu. Untuk satu sesi cooking class atau workshop berisi materi bisnis dari Wahab Baking Center, harganya adalah Rp150.000 hingga Rp300.000 saja!

Cooking class Wahab Baking Center

Terkait wabah Covid-19 yang banyak mempengaruhi prekonomian Indonesia, Tokowahab.com juga membagikan materi gratis melalui media sosial agar pelaku UMKM dapat mengatasi situasi ini. “Di tengah kondisi masyarakat yang berdiam diri di rumah, justru menjadi kesempatan untuk pelaku UMKM di bidang kuliner mendapatkan pasar yang membeli makanan secara delivery. Selain itu, kami juga membagikan beberapa materi seperti protokol pencegahan Covid-19 di tempat usaha kuliner, baik untuk pengunjung maupun karyawan,” katanya.

Program edukasi bagi UMKM menjadi fokus utama Tokowahab.com. Visi utama perusahaan ini juga untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui UMKM. “Mungkin ini cara yang bisa saya lakukan untuk membantu negara, membantu perekonomian Indonesia,” ungkapnya.

Niat tulus William berhasil mengantarkan namanya untuk bertengger pada deretan pengusaha muda inspiratif di rubrik Forbes 30 Under 30 khusus Indonesia. Kesuksesan ini nggak lantas membuatnya berpuas diri. Ia masih terus fokus dengan target utamanya untuk berdiri bersama UMKM kuliner Indonesia demi memajukan perekonomian Indonesia.

William ketika mendapatkan award Forbes 30 under 30

Menurut William, social value atau nilai sosial merupakan hal yang perlu ada dalam berbisnis, karena hal itulah yang dapat menjadikan suatu bisnis memiliki keunggulan khusus. “Untuk yang mau memulai bisnis, pertama-tama harus ada model bisnis, strategi untuk menjalankan bisnis tersebut, kemudian membangun manajemen. Setelah itu, harus dipikirkan juga social impact atau social value dari bisnis tersebut,” paparnya. Inilah yang dibuktikan William melalui Tokowahab.com yang berhasil meraih kesuksesan di tahun-tahun pertama kemunculannya.

Nah, buat lo yang penasaran dengan rekam jejak CEO dan Founder dari Tokowahab.com ini, follow IG-nya @williamsunito. Lo juga bisa dapetin banyak materi gratis untuk pengembangan UMKM melalui Instagram @wahabbakingcenter dan @tokowahabcom. Sementara untuk bahan baku dan alat berkualitas, tentu lo bisa membelinya secara online di Tokowahab.com!