Hidden Gem Jakarta: Kuliner Autentik Jepang serba 30-Ribu di Kashiwa - MLDSPOT

Hidden Gem Jakarta: Kuliner Autentik Jepang serba 30-Ribu di Kashiwa

Bro, siapa yang suka hidangan Jepang? Hampir semua orang suka dan punya hidangan Jepang favorit masing-masing. Di daerah Melawai, Jakarta Selatan, ada salah satu resto Jepang yang cukup autentik dengan harga yang sangat terjangkau. Restoran ini bernama Kashiwa. Berbeda dari resto Jepang lain, Kashiwa ini benar-benar menawarkan suasana otentik, rasanya seperti makan di Jepang sungguhan, lho! Cek di sini aja ulasan lengkapnya!

 

Little Tokyo-nya Jakarta

Kawasan Melawai memang nggak ada matinya buat para pencinta kuliner autentik Jepang. Di daerah ini, lo bisa menemukan deretan restoran Jepang, tempat karaoke, hingga tempat spa yang terletak di dalam kompleks Blok M Square. Suasana Jepang pun terasa makin kental dengan banyaknya warga negara Jepang yang berkunjung untuk sekadar nongkrong dan minum-minum selepas kerja. Saking miripnya seperti di Jepang, kawasan ini disebut dengan Little Tokyo-nya Jakarta.

Suasana Kashiwa yang selalu ramai pengunjung

Restoran Kashiwa sendiri diambil dari nama salah satu kota yang berada di Jepang. Meskipun nggak sebesar resto Jepang lain yang tersebar di Melawai, nggak sulit untuk menemukan resto yang satu ini. Terletak bersebelahan dengan sebuah restoran ramen, Kashiwa berada di lantai dua sebuah bangunan yang terlihat sudah cukup tua namun masih terawat dengan baik.

Dihiasi dengan ornamen lampion dan papan kayu bertuliskan ‘Kashiwa’ di bagian depan, lo harus menaiki beberapa anak tangga kayu agar bisa sampai ke restoran. Di depan pintu, waitress Kashiwa bakal dengan ramah menyambut lo.

 

Konsep Interior yang Jepang Banget

Suasana resto Jepang yang autentik masih terasa hingga ke bagian dalam Kashiwa. Setiap hari, Kashiwa memang selalu ramai dan sibuk dengan para pengunjung yang bercengkrama, serta para waitress yang melayani para pengunjung.

Lesehan khas Jepang untuk pengunjung yang ingin privasi

Restoran yang interiornya didominasi oleh kayu dan warna-warna kalem ini terdiri dari beberapa bagian yang dapat menampung hingga 70 pengunjung. Lo bisa memilih untuk duduk di kursi-kursi kayu di bagian kanan restoran, atau duduk lesehan ala Jepang menggunakan zabuton, bantalan duduk tradisional Jepang, dengan meja kayu yang luas serta sekat kayu sebagai pembatas di sekelilingnya. Tempat ini recommended banget kalau lo datang beramai-ramai dan ingin suasana yang lebih private.

Vibe resto terasa hangat dengan lampu yellow-tone yang nggak terlalu terang. Suasana Jepang makin terasa dengan banyaknya tulisan menu dalam bahasa Jepang yang terpampang di dinding. Sambil menyantap hidangan, pengunjung juga disuguhkan tayangan TV Jepang dari televisi yang dipasang di beberapa sudut restoran.

Reading Corner dengan berbagai bacaan berbahasa Jepang

Di bagian belakang restoran, terdapat beberapa rak kayu yang berisi koleksi komik-komik serta majalah berbahasa Jepang yang cukup lengkap. Lo bisa meminjamnya selagi menunggu makanan, tetapi jangan lupa untuk dikembalikan ya, Bro!

 

Menu Serba Rp29.800-an

Selain terkenal karena keotentikannya, Kashiwa juga dikenal karena menu makanannya yang sangat beragam dengan harga yang relatif terjangkau jika dibandingkan dengan resto Jepang di sekitarnya. Setiap menu dipukul rata dengan harga sebesar Rp29.800 aja, Bro!!

Di antara beragam menu yang disediakan, Kashiwa punya beberapa menu andalan, di antaranya adalah Gyuniku Enokimaki, Yakimono, serta Kaisen Okonomiyaki. Gyuniku Enokimaki bisa jadi pilihan hidangan pembuka yang cocok banget buat pecinta daging. Jamur enoki dibalut empat lembar daging sapi, dimarinasi dengan saus manis-gurih yang meresap sampai ke dalam daging. Hidangan ini disajikan bersama salad sayur dan mayo sebagai penyeimbang rasa. Satu porsi aja nggak cukup!

Gyuniku Enokimaki, satu piring nggak cukup!

Beragam pilihan Yakimono, sate ala Jepang yang dibakar bersama bumbu spesial menjadi salah satu favorit di sini. Lo bisa memilih sendiri jenis satenya, seperti ayam, sayur, ataupun ikan. Pilihan favorit pengunjung jatuh kepada Momo Yakimono, dua tusuk paha ayam dengan tiga potongan besar setiap tusuknya. Daging ayamnya terasa super juicy! Nggak lupa juga dibumbui dengan saus gurih atau manis yang bisa lo pilih sesuai selera. Empuknya sangat terasa di gigitan pertama.

Kaisen Okonomiyaki, bakwan ala Jepang disajikan di atas hotplate

Kalau belum puas dengan appetizer, lo bisa pesan Kaisen Okonomiyaki yang cocok buat sharing bareng teman-teman. Seperti Okonomiyaki pada umumnya, Kashiwa menggunakan potongan gurita, ayam, kol, dan daun bawang di dalam adonan tepungnya. Nggak lupa juga saus spesial Okonomiyaki dan taburan Katsuobushi, ikan cakalang serut yang melimpah di atasnya. Cocok disajikan panas bersama koktail soju!

Keautentikan rasa dan harga yang terjangkau juga dirasakan oleh salah satu pengunjung, Marco. “Gue salah satu orang yang suka banget sama makanan Jepang. Sate-sateannya di sini enak banget! Lebih enak sambil nge-soju (yang) harganya lebih murah dibanding tempat lain,” ujar Marco.

Berbeda dengan Marco, seorang pengunjung bernama Ayu sengaja mengunjungi Kashiwa untuk mengobati rasa kangennya dengan Jepang, “Rasa dan suasana dengan harga Rp30.000-an doang tuh lumayan banget lah. Apalagi suasananya cukup mirip sama kedai-kedai di Jepang. Kashiwa salah satu resto yang gue sering kunjungi kalau lagi kangen Jepang,” kata Ayu.

Setiap harinya, Kashiwa beroperasi mulai pukul 17:30 hingga 24:00 tengah malam. Lo diperbolehkan untuk reservasi tempat untuk kedatangan sebelum jam 18:30. Setelahnya, lo bisa datang langsung ke Jalan Melawai VIII.

Itadakimasu!