Jelajah Ruang Seni Alternatif di Kedai Kebun Forum Yogyakarta - MLDSPOT

Jelajah Ruang Seni Alternatif di Kedai Kebun Forum Yogyakarta

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal dengan berbagai tempat mengeksplorasi seni. Salah satunya yang wajib banget lo kunjungi adalah Kedai Kebun Forum (KKF). KKF bukan sekadar tempat seni biasa, KKF hadir sebagai wadah bagi para seniman yang ingin mendiskusikan berbagai elemen seni, terutama yang berkaitan dengan fenomena sosial yang terjadi saat ini.

Seperti apa ya, konsep ruang seni alternatif yang dihadirkan oleh KKF yang ingin menampilkan proses kesenian tanpa sekat? Yuk, temukan ulasan lengkapnya di sini!

 

Berawal dari Ruang Kosong di Belakang Dapur

Aula KKF sering dijadikan tempat workshop, perform musik, hingga seni pertunjukan teater

Bagi para seniman Yogyakarta, nama kedai kebun forum (KKF) yang beralamat di Jalan Tirtodipuran No. 3 Yogyakarta ini sudah sangat familier. Bahkan, namanya sudah jadi perbincangan sejak pertama kali didirikan pada September 1997 silam. Ruang seninya sendiri dikelola secara independen dengan beberapa pembagian ruang, yakni ruang pertunjukan, book store, dan restoran.

Nggak hanya sebagai wadah berkumpul seniman, kini KKF menjelma sebagai tempat berkumpulnya para komunitas dengan berbagai kegiatan, seperti belajar bersama dan diskusi mengenai isu sosial. Latar belakang berdirinya KKF ini terbilang unik, lho! Semua berawal dari ruang kosong di belakang dapur restoran yang secara rutin dijadikan tempat berkegiatan seni. Melihat semakin banyaknya kegiatan kesenian yang terjadi di ruang belakang dapur, pada Desember 2001, Direktur KKF Yustina Neni memutuskan untuk merenovasi dan membangun ruang baru agar aktivitas yang ada nggak mengganggu aktivitas restoran.

Proses renovasi penambahan ruang kedai kebun art space berlangsung selama dua tahun. Salah satu kendala utama dalam pembangunan ruang ini ada pada pembuatan desain ruang pertunjukan yang memiliki standar akustik dengan biaya yang minimalis. "Setelah proses pengendapan ide yang cukup lama untuk menemukan desain yang pas agar ruang restoran dan kedai kebun art space bisa saling terhubung, akhirnya kita menemukan jenis batu bata akustik yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat kedai kebun art space," ujar Yustina.

Batu bata akustik yang digunakan untuk membangun kedai kebun art space adalah batagama. Batu bata ini terbilang unik karena hanya diproduksi di kota Yogyakarta. Beratnya yang ringan dan memiliki sifat kedap suara membuat batu ini jadi batu bata pilihan dalam desain kedai kebun art space.

 

KKF Jadi 'Ruang Bermain' bagi Para Seniman

Lo bisa melihat pameran seni yang sering diadakan di Kedai Kebun Forum

Seiring berjalannya waktu, KKF berhasil jadi salah satu pioneer art space di kota Yogyakarta yang masih eksis sampai saat ini. Terkait hal tersebut, Yustina menuturkan bahwa kehadiran KKF sebagai ruang seni alternatif bertujuan untuk menciptakan ruang pergaulan yang kritis terhadap fenomena sosial lewat aktivitas kesenian. Adanya forum-forum diskusi KKF diharapkan bisa memunculkan seniman yang cerdas, seniman yang nggak peduli pada kategorisasi mutu seni dalam menunjukkan karyanya.

 

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Kedai Kebun Forum

Suasana Kedai Kebun Restoran di malam hari

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke KKF. Atmosfer yang paling terasa ketika berada di tempat ini adalah ruangan yang luas tanpa adanya sekat di antara ruang. Seolah-olah, semua ruang yang berbeda beda bisa menyatu dengan sendirinya.

Meskipun sebagian pengunjung datang dengan tujuan menikmati karya seni, nggak jarang sebagian pengunjung justru berakhir lebih lama di restorannya. Soalnya, area Kedai Kebun Restoran sangat nyaman digunakan untuk bersantai sambil memanjakan lidah. Kedai Kebun Restoran ini menyediakan lebih dari 100 menu makanan dengan berbagai cita rasa, dari nusantara, oriental, hingga Western. Tentu saja harga setiap menunya masih terjangkau. Setelah puas menyantap sajian di restoran Kedai Kebun, lo bisa mampir ke area book store-nya. KKF menjual buku buku tentang seni, jurnal sastra dan kebudayaan dan masih banyak buku lainya yang bisa ditemui di book store KKF.

Masih belum puas jalan-jalan? Jika ingin membawakan buah tangan bisa banget belanja di sini, Bro. Soalnya, KKF menyediakan distro berisi kaos dan souvenir buatan tangan para seniman yang aktif berkegiatan di KKF. Seru banget, ya?

Salah satu pengunjung KKF, Bobi, sepakat dengan keseruan di KKF. Ia mengaku bahwa dirinya tertarik berkunjung ke tempat ini karena ingin mencicipi menu vegetarian di restoran sekaligus melihat pameran fotografi yang sering diadakan di KKF. "Saya sering berkunjung ke KKF selain memang cocok sama makanan yang ada di sini biasanya saya dan teman-teman sering ke sini untuk melihat pameran fotografi," ujar mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri Yogyakarta ini.

Buat lo yang penasaran dengan Kedai Kebun Forum bisa langsung kepoin Instagram mereka di @kedaikebunforum!