Panduan Memilih dan Menggunakan Parfum Laki

Sebagai kaum laki-laki yang umumnya lebih sering berkeringat, penting bagi lo untuk menjaga tubuh agar tetap wangi! Sayangnya, brand parfum laki yang made in Indonesia belum banyak nih, Urbaners. Mau tak mau, brand impor yang harganya cukup mahal pun harus jadi andalan.

Muhammad Fadli jeli melihat kondisi ini sebagai kesempatan untuk menampilkan brand fragrance lokal khusus laki-laki. Selain menyediakan produk lokal bagi pencinta parfum, Fadli juga mengangkat potensi daerah asalnya lewat brand parfum asli Indonesia, LAKI. Yuk, simak di sini cerita di balik produk dan panduan menggunakan parfumnya, Urbaners!  

 

Berbahan Baku Minyak Nilam khas Aceh

Varian Parfum LAKI Cool & Calm

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil bumi, termasuk minyak atsiri atau minyak essential yang merupakan bahan dasar pembuat parfum dan kosmetik. Bahkan, Indonesia adalah salah satu pemasok minyak atsiri terbesar di dunia, lho. Karena itu, banyak banget produsen parfum ternama di dunia yang mengambil bahan baku dari Indonesia. 

Kenyataan inilah yang memicu Muhammad Fadli untuk membuka bisnis produk parfum lokal yang menggunakan bahan baku dari hasil bumi Indonesia. Apalagi setelah dia tahu kalau daerah asalnya, yaitu Aceh, termasuk penghasil minyak nilam terbaik di dunia. Minyak nilam ini ternyata bahan pengawet alami untuk aroma parfum, Urbaners.

“Indonesia punya sumber daya alam utama yang dibutuhkan untuk pembuatan parfum, tapi brand parfum lokal kita masih sedikit. Konsumen Indonesia mau beli parfum impor yang harganya sangat mahal, padahal kita bisa produksi sendiri parfum itu karena kan bahan dasarnya dari Indonesia,” jelas Fadli.

Pada bulan Juli 2018 lalu, Fadli resmi mengeluarkan brand parfum lokal khusus pria bernama LAKI. Fadli bekerja sama dengan petani lokal Aceh dan Atsiri Research Center Unsyiah untuk menyediakan minyak nilam asli Aceh sebagai bahan dasar pembuat parfum LAKI.

 

Parfum dengan Lima Karakter

Varian LAKI Masculine

Pemilihan nama brand LAKI juga sebagai penekanan kalau semua produk parfum yang dikeluarkannya adalah khusus untuk para laki-laki. “Tujuannya supaya citra dan image brand melekat. Jadi, saat konsumen pegang dan semprot parfum ini, aura laki-laki mereka langsung keluar,” jelas Fadli. Sesuai tagline-nya, “Find Your Character”, LAKI menyediakan lima varian wangi yang mencerminkan karakter para lelaki, yaitu, Cool & Calm, Masculine, Adventure, Playboy, dan Romance.

Setiap varian memiliki karakteristik aroma yang berbeda. Varian Cool & Calm mencerminkan kesegaran musim semi dari aroma apricot, grape, dan floral fruity. Untuk Masculine, aroma elegan woody sangat terasa dari perpaduan musk, amber, dan oak moss. Lalu, ada Adventure yang beraroma spicy flowery dari foster ginger, orchid, dan plumps. Sedangkan Romance lebih bernuansa sweet flowery dengan campuran blood amber, rose, dan geranium. Nah, buat lo yang suka wangi manis buah, ada varian Playboy yang memadukan aroma foster ginger, bergamot, dan patchouli.

“Varian parfum LAKI ini bisa dipakai sesuai aktivitas sehari-hari. Misalnya, laki-laki yang sering beraktivitas outdoor, sebaiknya pakai parfum beraroma tajam seperti Masculine dan Adventure, sedangkan yang suka kegiatan indoor pakailah Playboy, Cool & Calm, dan Romance yang aroma lebih calm,” saran Fadli.   

Kelima varian parfum LAKI bertipe EDP ini dikemas dalam botol 50 ml dengan warna-warna sesuai karakteristik dari setiap varian tersebut. Warna biru untuk Cool & Calm, hitam untuk Masculine, oranye untuk Adventure, putih adalah Playboy, dan merah itu Romance. Harganya pun sangat terjangkau untuk jenis parfum premium, Urbaners, yaitu mulai dari Rp350.000 per botol.

 

Bisnis yang Menyebar Luas

Parfum LAKI varian Adventure

Produksi parfum LAKI semuanya dilakukan di Aceh. Nah, untuk memasarkannya, Fadli menggunakan sistem jaringan distributor dan reseller. Distributor LAKI sudah tersebar di seluruh Indonesia, serta di luar negeri, seperti Malaysia, Eropa, dan Amerika. “Sistem pemasarannya adalah jual putus ke distributor. Para distributor ini terpilih secara eksklusif menjual parfum LAKI dengan harga yang sudah disepakati. Lalu, mereka juga akan dipromosikan di akun Instagram LAKI,” jelas Fadli.

Sejauh ini, sistem yang diterapkan Fadli cukup berhasil, karena saat ini LAKI sudah punya distributor di lima pulau besar Indonesia. Selain promosi di akun Instagram yang cukup gencar, LAKI juga sering ikut acara bazar di kota-kota besar dan menjadi sponsor di berbagai event di Aceh.

Khusus untuk ibukota Jakarta, Urbaners bisa menemukan produk parfum LAKI di galeri Mata Lokal, M Bloc Space. “Kita juga punya rencana untuk buka store di daerah Jakarta Selatan, supaya konsumen Jakarta bisa langsung cek, coba, dan beli produknya,” ungkap Fadli.  

 

Tips Memakai Parfum LAKI

Tester pack parfum LAKI

Brand LAKI nggak sekedar berjualan parfum lho, Urbaners. Di akun Instagram-nya, @parfumlaki, mereka juga kerap memberikan konten edukasi tentang panduan memakai parfum yang tepat, sesuai karakter dan lokasi.

Penasaran? Ini dia tips-tipsnya:

  1. Temukan karakter lo. Yup, wangi parfum itu memang sebaiknya pas dengan karakter lo. Cara termudah menemukannya adalah dengan mengecek aroma yang lo sukai. Apakah lo suka aroma buah yang manis, bunga yang harum, atau rempah yang hangat. Setelah itu, carilah parfum yang berbahan dasar aroma tersebut. 
     
  2. Sesuaikan dengan aktivitas. Pilihan aroma parfum sangat tergantung dengan aktivitas yang lo lakukan. Soalnya jika suhu tubuh memanas, aroma parfum akan semakin kuat. “Bahkan, parfum untuk siang dan malam sebaiknya beda. Karena suhu udara juga mempengaruhi aroma parfum,” jelas Fadli.
     
  3. Punya lebih dari satu parfum. Nah, karena pemakaian parfum harus sesuai dengan aktivitas, lokasi, dan acara, jadi lo harus punya lebih dari satu jenis parfum, Urbaners. Layaknya outfit, parfum pun harus berganti jika jenis acaranya berbeda.
     
  4. Cara pakai yang tepat. Ini nih, tips yang paling penting untuk diingat. Ketika menyemprot parfum, jangan terlalu banyak dan kena pakaian ya, Urbaners. Aroma parfum akan tahan lama jika disemprotkan di bagian kulit yang mengeluarkan panas tubuh, seperti di leher, bahu, dada, dan pergelangan tangan.
     
  5. Minta pendapat orang lain. Selalu ingat kalau lo memakai parfum bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. “Karena kan yang akan mencium bau tubuh kita adalah orang lain. Jadi, jangan ragu untuk bertanya ke orang terdekat, apakah wangi tubuh lo sudah cukup enak,” terang Fadli.
     
  6. Pilih produk dengan cermat. Lo juga perlu bijak dalam memilih jenis parfum laki, Urbaners. Soalnya, parfum itu digunakan di tubuh, jadi sebaiknya perhatikan kandungannya. Produk yang kandungan bahan alaminya cukup banyak lebih baik daripada yang penuh bahan kimia dan alkohol.
     
  7. Local brand is a better choice. Brand lokal yang memakai bahan alami dari Indonesia adalah pilihan yang pas daripada produk impor. Pertama, brand lokal premium sudah pasti harganya lebih murah dari brand import premium. Kedua, lo pastinya ikut mengangkat potensi produk lokal Indonesia yang nggak kalah dari produk luar negeri. Ketiga, brand lokal bisa dibilang lebih cinta lingkungan, karena lebih hemat energi dan lebih sedikit menggunakan bahan kimia.

Sekarang lo udah tahu kan cara memilih dan memakai parfum yang benar? Buat lo yang tertarik mencoba parfum LAKI, lo bisa langsung aja kunjungi Instagram mereka di @parfumlaki!