• Movie
  • The Legendary Robin Williams

The Legendary Robin Williams

Wed, 22 October 2014

Belum lama ini, dunia dihebohkan dengan berita duka dari artis Hollywood, Robin Williams, aktor legenda dalam film komedi. “Gelar aktor legenda” itu nggak berlebihan karena rata-rata film yang diperankannya berhasil menjadi nominasi dalam Academy Award dan membawa pulang piala penghargaan. Lebih dari itu, Robin memang seakan mendedikasikan diri untuk dunia film sepanjang hidupnya.

Robin McLaurin Williams, lahir di Chicago, 21 Juli 1951. Dia memulai debut aktingnya melalui film Popeye and The World. Namun, film “Good Morning, Vietnam”-lah yang mulai mengantarnya ke hadapan mata dunia. Nama Robin pun semakin meroket ketika dia beraksi dalam film “The Birdcage” dan “Mrs. Doubtfire”. Dan meski terkenal dengan film-film bergenre komedi, Robin sempat berperan serius di beberapa film, seperti  “Awakenings” dan “What Dreams May Come”.

Selain berperan di depan kamera, Robin juga pernah berada di belakang kamera. Kalau lo menonton film Aladdin dan merasa kenal dengan suara “Jin”, itu adalah suara asli dari Robin Williams. Sumbangan suaranya dalam film Aladdin bahkan dinilai sebagai tonggak utama pentingnya pengisi suara dalam film tersebut.

Di tahun 1998, Robin menang Oscar sebagai Aktor Pendukung Terbaik berkat peran psikolognya dalam “Good Will Hunting”. Walau perjalanan karirnya tampak mulus, tapi peran Robin di beberapa film juga sempat dikritik, lho. Contohnya, saat Robin berperan di film drama, seperti  “Patch Adams”, “Insomnia” dan yang terakhir “One Hour Photo”. Perannya dalam film-film tersebut dianggap terlalu sentimental.

Banyak mata yang kagum sama sosok yang satu ini. Dia terkenal bisa mengubah mimik wajah dan karakter dalam waktu yang singkat. Bukan cuma itu, bakat improvisasi dan pemilihan suara karakter animasi pun mampu disikat dengannya.

Seakan nggak berhenti di luar dunia film, Robin juga berhasil membuat orang-orang kagum berkat aksi sosialnya. Dia bersama sang istri kompak mendirikan penggalangan dana untuk lembaga amal. Robin pun nggak ragu buat terjun langsung ke lapangan untuk kegiatan amalnya, termasuk di Comic Relief dan usaha-usaha penggalangan dana lainnya.

Sayang, Robin menderita depresi dan kecanduan drugs, serta alkohol. Di tanggal 11 Agustus 2014 kemarin, Robin kembali menggemparkan para penggemarnya dengan cara yang berbeda. Namun, walau bagaimana pun, berita kepergian Robin nggak serta-merta membawa pergi segala kenangan tentang dirinya.

Good Will Hunting
Di film ini, Robin berduet dengan aktor berbakat, Matt Damon. Secara keseluruhan, film ini menceritakan kehidupan Will (Matt) yang miskin dan nggak pernah merasakan bangku kuliahan. Peran Robin di film ini sebagai psikolog bernama Sean Maguire. Film yang skenarionya disusun oleh Matt Damon dan Ben Affleck ini mampu mengantarkan Robin ke atas panggung Oscar.

The Windfall Foundation: Lembaga Amal Robin Williams
Robin dan Marsha (yang kini menjadi mantan istri) mendirikan suatu lembaga sosial yang bernama The Windfall Foundation. Nggak hanya sekedar mendirikan lembaga amal, Robin ikut terjun dalam beberapa kegiatan amal: mulai dari mengunjungi rumah sakit anak sampai menghibur ribuan orang yang ada di zona perang. Lembaga ini menangani sekitar 50 kasus yang ada, beberapa di antaranya: kekerasan, tuna wisma, dan HIV/AIDS.

Kisah Cinta sang Legendaris
Perjalanan cinta Robin Williams bisa dibilang nggak selancar perjalanan karirnya. Dia sempat menikah dengan Valerie Veraldi dan Marsha Garces, namun keduanya berakhir dengan perceraian. Sampai akhirnya, Robin menikahi Susan Schneider pada tanggal 23 Oktober 2011. Susan menjadi wanita terakhir yang mendampingi Robin dalam hidupnya.

Fakta Seputar "Tenet", Film Baru Garapan Christopher Nolan

Thu, 04 June 2020
John David Washington dan Robert Pattinson dalam salah satu potongan adegan Tenet

Selalu berfokus dengan cerita, alur, dan penokohan, nggak heran kalau karya-karya garapan Christopher Nolan selalu diperhitungkan. Yang menarik, ia nggak pernah mematok agar film garapannya bisa menjadi pemenang Oscar. Nolan lebih memilih untuk fokus pada kualitas sajian cerita secara holistik.

Walaupun saat ini gerak industri perfilman masih terhambat akibat pandemi COVID-19, Christopher Nolan tetap menjadwalkan film barunya “Tenet”, untuk tetap dirilis tanggal 17 Juli 2020 mendatang. Sebenarnya dalam rilisan trailer keduanya belum ada informasi yang menguatkan tanggal rilis film ini, namun para penggemar Nolan tetap optimis bahwa Tenet bisa rilis di bulan depan. Selain tanggal rilisnya, berikut beberapa hal lain seputar Tenet yang perlu lo ketahui.

 

Masih Mengusung Tema Orisinal yang Nggak Biasa

Christopher Nolan dengan balutan tuxedo

Nama besar Christopher Nolan lahir dari tiap karyanya yang selalu mengusung tema orisinal yang nggak biasa. Fans Nolan pasti setuju soal ini. Jadi, wajar saja kalau perilisan trailer Tenet yang kedua baru-baru ini kembali menyita perhatian para pencinta film.

Dari dua trailer yang sudah rilis, Tenet bercerita mengenai seorang agen rahasia yang diperankan oleh John David Washington, sedang dalam misi menghentikan Perang Dunia III. Tapi karena film ini garapan Nolan, dari trailer-nya bisa dirasakan ada sentuhan unik yang menjadikan film ini semakin dinantikan.

 

Film Nolan Paling Mahal

Salah satu adegan film Tenet di mana John David Washington terlihat menggunakan masker dan terdiam di dalam sebuah mobil

Film yang diproduksi di tujuh negara berbeda yaitu Denmark, Estonia, India, Italia, Norwegia, Inggris, serta Amerika Serikat ini jadi film Nolan dengan biaya produksi paling mahal. Produksi Tenet menghabiskan sekitar USD 205 juta. Itu berarti, Tenet harus menghasilkan paling nggak 500 juta Dollar AS supaya ia bisa untung. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan oleh Nolan mengingat dirinya selalu berhasil menghasilkan keuntungan lebih dari USD 500 juta dari setiap karya-karyanya.

 

Deretan Cast Terbaik

Robert Pattinson dan John David Washington sedang berjalan dalam balutan jas bewarna abu-abu dan navy blue di salah satu scene Tenet

Dalam film Tenet, Nolan mengajak putra dari aktor Denzel Washington, John David Washington, untuk menjadi pemeran utama di film ini. Sebelumnya, John David Washington sudah berhasil mencuri perhatian sejak perannya di “BlacKklansman”. Nggak hanya John David Washington, Nolan juga mengajak Robert Pattinson dan Michael Caine untuk ikut bermain di Tenet.

Sekalipun sudah ada dua trailer yang resmi dirilis, para penggemar hanya bisa menerka-nerka peran masing-masing karakter. Kedua trailer Tenet bisa dibilang sukses karena berhasil mencipatakan rasa penasaran para pencinta film, baik itu soal alur cerita, maupun soal penokohan yang dibawakan oleh deretan cast terbaik tersebut.

Yang juga menarik, film Tenet sendiri dikabarkan nggak akan dibuatkan premiere. Entah ada surprise yang diberikan Nolan mengenai Tenet, tetapi semoga film ini bisa dirilis tepat waktu, ya, Bro!

 

 

 

Sources: Rotten Tomatoes,  Indiewire, Collider