• Music News
  • Miguel, Musisi R&B Yang Dibandingkan dengan Prince

Miguel, Musisi R&B Yang Dibandingkan dengan Prince

Fri, 17 June 2016

Orang sepertinya nggak asing lagi dengan yang namanya Miguel. Gara-gara melantunkan lagu berjudul Adorn, namanya mulai dikenal banyak kalangan, terutama pecinta musik. Akibat berkiblat pada penyanyi legendaris, Prince, banyak orang yang menganggap dirinya sebagai “duplikat” dari penyanyi tersebut. Hal ini semakin membuat dia terkenal. Belum lagi kontroversi yang dia buat ketika insiden Miguel Leg Drop.

 

Dibandingkan dengan Prince

Miguel Jontel Pimentel, atau yang lebih dikenal dengan nama Miguel, terkenal sebagai seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat. Setelah merilis album All I Want Is You di November 2010, popularitas Miguel perlahan naik. Puncaknya ketika lagu Adorn muncul di tahun 2013. Lagu tersebut bahkan memenangkan penghargaan Grammy Awards sebagai Best R&B Song di tahun yang sama.

Lagu-lagunya beraliran R&B, funk, hip hop, rock, serta electronic. Banyak yang membandingkan dirinya dengan penyanyi Babyface bahkan Prince.

 

Cita-cita jadi penari, nggak kesampaian

Lahir di San Pedro, Los Angeles, California, pada tanggal 23 Oktober 1985, Miguel kecil mulai dikenalkan dengan lagu-lagu R&B tua kesukaan ibunya, serta lagu-lagu kesukaan ayahnnya, mulai dari funk, hip hop, jazz, hingga classic rock. Di umur 5, Miguel awalnya ingin menjadi seorang penari. Namun, di usia 13, dia memutuskan untuk mencoba berkarir di dunia musik. Hal tersebut dibuktikan pada umur 14, ketika dia menulis sebuah lagu dan mengembangkannya dengan four-track recorder yang didapatkan dari pamannya.

Tahun 2004, Miguel menandatangani kontrak bersama label indie, Black Ice, dan mulai membuat album studionya berjudul Young & Free. Sayang, album tersebut nggak jadi dirilis. Tahun 2007, Miguel bergabung dengan Jive Records dan siap merilis album debut All I Want Is You. Karena dianggap melanggar kontrak, Black Ice menuntutnya. Akibatnya, album tersebut ditunda hingga November 2010. Album ini pun langsung bertengger di angka 109 deretan Billboard 200. Hingga saat ini, udah 3 album yang dirilis, All I Want Is You (2010), Kaleidoscope Dream (2012), dan Wildheart (2015).

Miguel pun sempat membuat kontroversi ketika tampil terlalu bersemangat saat main di Billboard Music Awards 2013. Ketika itu, Miguel menyanyikan lagu berjudul Adorn. Karena saking semangatnya, Miguel lompat di atas panggung dan melukai dua penonton saat mendarat. Insiden ini pun jadi meme di internet dengan nama Miguel Leg Drop.

 

Source: officialmiguel.com, Wikipedia.org

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com