• Music News
  • Cage the Elephant, Band Dengan Member Eks Tukang Ledeng yang Berhasil Jadi Bintang Rock Terkenal

Cage the Elephant, Band Dengan Member Eks Tukang Ledeng yang Berhasil Jadi Bintang Rock Terkenal

Thu, 28 July 2016

Pecinta musik alternative rock mungkin familiar dengan band yang satu ini, Cage the Elephant. Band asal Kentucky, Amerika Serikat, ini mulai dikenal publik sejak single pertama mereka Ain’t No Rest for the Wicked menginjak tangga lagu di berbagai negara di dunia antara lain Amerika Serikat, Jepang, bahkan Australia. Siapa sangka, semua anggotanya merupakan mantan pekerja dengan bayaran pas-pasan mulai dari telemarketer hingga tukang ledeng.

 

Terinspirasi oleh band grunge

Buat lo yang belum tahu band satu ini, rugi banget deh. Pasalnya, band ini punya gaya lagu yang cukup menarik. Dengan personel Matthew Shultz (vokalis), Brad Shultz (gitar), Jared Champion (drummer), Daniel Tichenor (bassist), Matthan Minster (keyboardist) dan Nick Bockrath (gitar), Cage the Elephant mengambil genre musik rock yang terinspirasi oleh dua band punk kenamaan, Pixies dan Nirvana.

Lo bisa coba dengerin album kedua mereka, Thank You, Happy Birthday, yang dirilis pada tahun 2011. Salah satu lagu di album ini, Shake Me Down, bisa lo nikmatin untuk memahami gaya lagu yang mereka bawa. Lagu tersebut bahkan masuk sebagai nominasi Best Rock Video terbaik di ajang MTV Music Award pada tahun yang sama.

 

Dapat nama dari orang gila

Lucunya, semua anggota band ini punya pekerjaan yang nggak ada hubungannya dengan musik sebelum mereka membentuk band ini. Matt misalnya, bekerja di proyek bangunan sebagai tukang ledeng. Saat itu Matt memiliki pemikiran bahwa dirinya akan tetap seperti itu sepanjang usianya bila nggak keluar dari pekerjaan tersebut. Matt pun keluar dan bekerja di bar sandwich bersama Brad yang sebelumnya bekerja sebagai telemarketer. Daniel sebelumnya bekerja di retail kebutuhan rumah tangga, sedangkan Jared bekerja di sebuah toko hewan peliharaan. Nick adalah satu-satunya yang memiliki pengalaman di bidang musik karena sebelumnya dia bermain bass untuk Morning Teleportation. Sedangkan Matthan pernah mendirikan band bernama YOURS di tahun 2010.

Nama band ini bisa dibilang cukup nyeleneh. Siapa sangka, nama ini merupakan usulan dari orang gila. Tahun 2006, Matthew tak sengaja bertemu dengan orang gila yang mendekati mereka setelah tampil. Orang tersebut kemudian memeluk Matt dan mengulang kalimat yang sama: “You have to cage the elephant!” Dari situlah nama band ini ditentukan.

Buat lo yang pengen nyobain lagu-lagu mereka, bisa mulai dari lagu Ain’t No Rest for the Wicked dan lanjut ke album kedua mereka, Thank You, Happy Birthday. Lo langsung jatuh hati dengan mereka.

Grup Musik Populer yang Akan Comeback di Tahun 2020

Tuesday, December 31, 2019 - 14:47
Personil My Chemical Romance berdiri berdampingan, masing-masing mengenakan jaket warna berbeda

Banyak momen seru yang terjadi pada industri musik global selama tahun 2019, mulai dari TikTok yang viral sampai berbagai lagu yang sukses pecahkan rekor Billboard. Sebagai music lovers, tentunya lo berharap tahun 2020 nanti bakal memberikan berbagai kejutan musik yang nggak kalah seru. Sepertinya harapan lo bakal terkabul, Urbaners, karena ada sejumlah grup musik ternama yang dikabarkan bakal comeback pada tahun 2020 nanti!

 

Pussycat Dolls

Para anggota Pussycat Dolls dalam kostum bertema warna hitam, putih, dan merah, di salah satu event

Rumor bahwa Pussycat Dolls bakal comeback tentunya nggak muncul begitu saja. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, girlband asal Amerika ini tampil bersama di panggung. Mereka menjadi bintang tamu di acara X Factor yang tayang pada 30 November 2019 kemarin. Nggak cuma membawakan medley lagu-lagu hits mereka terdahulu, Pussycat Dolls juga menampilkan cuplikan lagu terbaru mereka, React. Karena penampilan di X Factor ini, banyak fans menebak kalau Pussycat Dolls bakal comeback pada 2020.

 

Fifth Harmony

Keempat anggota Fifth Harmony berdiri berdampingan di salah satu event

Grup musik jebolan X Factor ini memang belum terlalu lama hiatus, tepatnya pada tahun 2018 lalu. Hebatnya, sebelum vakum mereka tetap memutuskan buat jalan berempat sebagai grup setelah ditinggal oleh salah satu personilnya, Camila Cabello. Setelah vakum, masing-masing personil Fifth Harmony cukup sibuk dengan karya masing-masing. Namun, banyak yang memperkirakan bahwa mereka bakal comeback pada tahun 2020.

 

Fun

Tiga personil Fun, dalam kostum kemeja warna-warni

Masih ingat dengan lagu Some Nights yang dibawakan oleh Fun? Walaupun mungkin terkesan sebagai lagu one hit wonder karena setelahnya Fun seolah menghilang, sebetulnya Fun nggak pernah break-up. Fun adalah grup musik asal Amerika yang terdiri dari 3 anggota, yaitu Jack, Nate, dan Andrew. Memutuskan vakum sejak Februari 2015, Fun tetap memberi update kepada fans melalui website, bahwa mereka sedang mencoba untuk membuat karya baru. Siapa tahu bakal rilis pada 2020, kan?

 

My Chemical Romance

My Chemical Romance saat reuni manggung di Los Angeles, terlihat sang vokalis mengenakan kemeja hijau

Setelah 7 tahun, akhirnya My Chemical Romance (MCR) kembali tampil di atas panggung membawakan lagu-lagu hits mereka seperti Welcome to The Black Parade dan I’m Not Okay (I Promise). Reuni MCR ini diadakan di Los Angeles, California, pada 20 Desember 2019. Tahun depan, mereka juga sudah mengantongi jadwal manggung di 3 negara, yaitu Jepang, Australia, dan New Zealand. Banyak orang berspekulasi bahwa MCR bakal membuat album baru setelahnya.

 

Kalau memang 4 grup musik tersebut benar-benar bakal comeback, bisa dipastikan skena musik global jadi lebih seru. Dari deretan grup musik di atas, mana yang paling lo tunggu comeback-nya, Urbaners?

 

 

Sources: nme.com, huffingtonpost.co.uk, idntimes.com, loudersound.com