Home Music Album Kelima The Changcuters yang Emosional

Album Kelima The Changcuters yang Emosional

Thursday, March 9, 2017 - 10:41
Bagikan
Facebook Twitter Email

Album terakhir dari The Changcuters yang bertajuk Visualis muncul pada tahun 2013. Ketika meluncurkan album tersebut, Tria sang vokalis mengatakan bahwa album tersebut merupakan awal dari trilogi album yang akan dibuat oleh The Changcuters. Nah, setelah tiga tahun vakum, akhirnya sequel album dari Visualis muncul dengan nama Binauralis yang tanggal 1 Maret 2017 kemarin baru saja diluncurkan di Jakarta.

 

Salah Satu Album Paling Emosional Changcuters

Sebagai anak 1990-an, lagu I Love U Bibeh, Hijrah ke London, atau Racun Dunia adalah soundtrack yang pas ketika lo SMA atau memasuki bangku kuliah. Nama The Changcuters ini bersama Peterpan, Nidji, Ungu, Kotak, dan band pop rock lainnya selalu menghiasi setiap pensi (pentas seni) di kota-kota besar. Tetapi di tahun 2014 dan 2015, nama The Chancuters seakan tenggelam di belantika musik Indonesia.

Ternyata usut punya usut nih Urbaners, selama tiga tahun belakangan ini The Changcuters menggarap serius materi album Binauralis. Bahkan bisa dibilang album ini adalah album mereka yang paling rapi dan emosional.

“Kami memang bongkar pasang. Dari segi lirik, dari segi aransemen pun kamu mencoba keluar dari zona nyaman,” ujar Tria seperti dilansir oleh rollingstone.com.

 

Binauralis Lebih Bermain ke Instrumen

Jika lo mendengar setiap lagu di album Binauralis, lo akan menyadari bahwa ada instrumen yang unik di setiap lagunya. Seperti di lagu Bentrok Sinyal, lo akan melihat bagaimana anak-anak Changcuters ini memperhatikan setiap detail petikan gitar.

Tria juga mengatakan bahwa tiga belas lagu di album Binauralis ini memang nyambung di setiap lagunya. Dan di setiap lagunya juga menyimpan simbol suara serta pemainan instrumen vokal. Salah satu unsur uniknya bisa lo dengarkan di lagu Robot Kota, di mana Changcuters sedikit melibat musik EDM. Walaupun nggak mendominasi, irama rock n roll tetap terasa di lagu ini.

Penasaran dengan lagunya? Coba denger di iTunes atau Spotify, Urbaners. Apalagi kalau lo yang sudah menunggu tiga tahun, pasti rasa rindu lo langsung terbayar!

 

Source; rollingstone.com