Home Music Jack & Jack: Dari Artis Medsos Jadi Musisi Sungguhan
Jack & Jack: Dari Artis Medsos Jadi Musisi Sungguhan

Jack & Jack: Dari Artis Medsos Jadi Musisi Sungguhan

Thursday, January 31, 2019 - 14:29
Bagikan
Facebook Twitter Email

Platform media sosial (medsos) sekarang jadi alat yang efektif buat memulai karir sebagai artis. Banyak artis yang mulai dikenal karena sebelumnya gencar promosi di medsos. Hal ini ternyata berhasil dibuktikan oleh Jack & Jack, duo pop-rap asal Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Gimana cerita perjalanannya?

 

Semua berawal dari Vine

Beberapa tahun lalu, media sosial Vine sempat populer. Lewat platform ini, lo bisa share video atau audio yang menarik. Nah, kepopuleran inilah yang kemudian dimanfaatkan sepasang sahabat asal Omaha, Nebraska: Jack Gilinsky dan Jack Johnson. Keduanya memang punya hobi buat bikin video yang menghibur, seperti lip sync atau carpool.

Puncak ketenaran mereka sebagai seleb medsos datang di tahun 2013. Tepatnya setelah upload video berjudul Nerd Vandal. Klip singkat ini bikin duo Jack ini tenar dan memiliki 25.000 lebih followers di Vine. Media Huffington Post bahkan memuji klip berdurasi enam detik itu, menyebutnya sebagai klip Vine paling perfect yang pernah ada.

 

Pilih fokus di musik

Pilih fokus di musik

Dengan menjadi influencer medsos, sebenarnya peluang karir buat kedua Jack terbuka lebar. Setelah jadi viral, mereka memang sempat dapat banyak tawaran, mulai dari endorse hingga ajakan buat bikin mobile game sendiri. Meski sempat mengambil beberapa endorse, akhirnya kedua sahabat ini memilih buat lebih fokus di musik.

Tahun 2013, mereka mulai masuk dapur rekaman dan menghasilkan single berjudul Distance yang dirilis awal Januari 2014. Mereka juga memutuskan buat pakai nama Jack & Jack sebagai stage name. Ternyata respon yang didapat positif dan mereka merasa senang karena bisa menyalurkan hobi bermusiknya.

 

Jadi langganan charts

Jadi langganan charts

Rasanya keputusan Jack & Jack buat fokus di dunia musik memang benar. Lagu-lagu buatan mereka ternyata memang disukai banyak orang. Buktinya, di bulan Februari 2015 Jack & Jack berhasil menjual 1 juta single di iTunes. Single lain seperti Doing It Right dan Tides juga bisa masuk daftar Billboard Top Digital Songs List.

Jack & Jack memang hadir dengan nuansa yang ringan dan cukup versatile. Genre yang mereka bawakan pun luas, mulai dari R&B, pop, hip hop, bahkan reggae. Belum lagi kolaborasi mereka dengan beberapa musisi yang sedang hits saat ini macam Jonas Blue, Shawn Mendes, dan Steve Aoki, jelas bikin penasaran!

Kalau lo gimana, Urbaners? Sudah pernah denger lagu-lagu Jack & Jack, belum?

 

 

Source: Omaha Official Homepage