• Techno
  • The Ugly Duckling Gadget

The Ugly Duckling Gadget

Fri, 17 April 2015

Dalam memilih sebuah gadget mana yang lebih Urbaners pilih, penampilan atau performa? Beberapa gadget memang terlihat sangat stylish atau bahkan terlalu berlebihan dalam penampilannya. Walaupun banyak juga yang didukung oleh performa yang menjanjikan, masih terjadi perdebatan antara yang pro dan kontra dengan desain dari beberapa gadget berikut ini :
 

  1. Google Glass

    Meski sekilas terkesan mutakhir, bagi beberapa orang gadget ini ternyata dianggap menimbulkan kesan nerd dan aneh bagi pemakainya. Buat Ko yang berkacamata, gadget ini juga terasa tidak nyaman jika digunakan bersamaan. Saat ini pun pihak Google telah menghentikan penjualan kacamata pintarnya ini, meskipun begitu, menurut Google, mereka masih akan melanjutkan “perjalanan” dari gadget ini.

     

  2. Ricoh WG-M1 Camcorder

    Bagi sebagian orang, kamera ini terlihat seperti peralatan yang “gemuk” dan penuh fungsi mekanik dibandingkan dengan tampilan kamera pada umumnya. Walaupun begitu, ternyata ada juga yang menganggap bahwa kamera ini terkesan macho, futuristik dan penuh warna.

     

  3. Blackberry Passport Smartphone

    Berbicara soal smartphone, selain spesifikasi dan fitur yang ok, urbaners pasti mencari yang nyaman untuk digenggam. Tapi ponsel pintar keluaran Blackberry ini sepertinya kurang memperhatikan aspek ini. Dengan desainnya yang kotak, akan terasa aneh saat kita menggenggam dan menggunakan gadget ini.

     

  4. Neptune Pine Smartwatch

    Disaat semua pabrikan berlomba menciptakan gadget yang ringkas namun canggih, smartwatch ini malah tampil dengan desain yang lebar, bahkan paling besar daripada smartwatch yang lain. Walaupun fitur dari gadget ini memang terbilang cukup lengkap dan canggih, namun dengan desainnya itu akan membuat tangan lo seperti memakai alat untuk berubah menjadi superhero.

Selain empat gadget diatas, mungkin masih ada beberapa gadegt yang menurut lo kurang atau tidak menarik secara desain dan penampilan. Walau begitu, semua kembali kepada fungsi dan kebutuhan. Sekarang lo makin naksir atau makin males sama gadget-gadget di atas Urbaners?

 

 

 

 

Gadget adalah...
Lo tahu ga sih apa sebenarnya gadget itu? Gadget tidak melulu hanya handphone atau tablet, gadget adalah perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dan selalu memiliki pembaharuan sehingga lebih praktis bagi pengguna.

 

Ugly duckling syndrome
Ugly duckling syndrome adalah ketika seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya saat remaja dan mulai menerima penampilan fisiknya ketika dewasa. Dari itik buruk rupa menjadi angsa putih yang cantik.

 

Asal nama blackberry
Nama Blackberry dipakai setelah seseorang mengatakan bahwa keypad pada ponsel ini mirip dengan sekumpulan biji. Setelah memilih beberapa nama buah yang berbiji, akhirnya dipilih nama blackberry karena kebanyakan ponsel ini berwarna hitam.

 

Xirka, Chipset Buatan Anak Bangsa

Friday, January 24, 2020 - 16:11
Logo Xirka perpaduan abu-abu & oranye menempel di dinding

Jika membicarakan chipset untuk smartphone pastinya lo yang ngikutin perkembangan gadget udah nggak asing lagi dengan brand seperti Qualcomm atau MediaTek. Chipset dari brand tersebut memang merajai pasar dan telah banyak digunakan oleh berbagai smartphone dari merek terkenal. Namun, ternyata anak bangsa juga memiliki perusahaan chipset-nya sendiri yang disebut dengan Xirka.

Nama Xirka mungkin masih cukup asing di telinga banyak orang. Padahal brand yang satu ini telah merilis beberapa produknya ke pasaran. PT Xirka Silicon Technology sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2008 lalu dan setelah 12 tahun beroperasi tentunya kini perusahaan itu semakin berkembang.

 

Produk Chipset Xirka Murni Buatan Anak Bangsa

Chipset Xirka berwarna hijau

Dalam memproduksi chipset-nya, Xirka nggak mengerjakannya sendirian. Mereka bekerja sama dengan Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroleketronika Institut Teknologi Bandung (ITB). Perancangan chipset Xirka sendiri dilakukan di pusat penelitian dan pengembangan yang berada di Setrasari, Bandung.

Perusahaan yang satu ini memang memiliki fokus pada desain chipset dan salah produk yang dihasilkan adalan SIM card yang digunakan untuk smartphone. Di tahun 2012 lalu Xirka sudah mulai pengembangan dan produksi dari SIM Card mereka. Produk mereka pun sudah siap diluncurkan dan diproduksi massal. Menariknya kapastitas dari produksinya pun langsung terbilang cukup banyak yaitu hingga 100 juta unit chipset per tahunnya.

 

SIM Card dari Xirka Miliki Banyak Keunggulan

Chipset keluaran dari Xirka ini nggak kalah dengan chipset dari perusahaan luar negeri dan memiliki beberapa keunggulan. Dalam hal keamanan SIM Card dari Xirka juga disebut paling aman karena telah dipasang beberapa fitur keamanan seperti Secured Memory Bus, DES, 3DES hingga True Random Generator. Selain itu, chipset karya anak bangsa ini juga telah dilengkapi dengan prosesor yang bisa menjamin bisa komunikasi dengan BTS dari operator berstandar GSM.

Chipset untuk SIM Card dari Xirka memang telah dirancang sedemikian rupa sehingga telah sesuai dengan kebutuhan serta karakteristik dari para operator yang ada di dalam negeri. Nggak hanya itu saja rupanya Sim Card dari Xirka juga telah dilengkapi dengan Internal Flash Memory 136 Kbyte yang bisa digunakan untuk berbagai aplikasi.

 

Beberapa Produk dari Xirka

Xirka telah merilis beberapa produknya mulai dari SIM Card hingga Smartcard.

Selain SIM Card, rupanya Xirka juga telah membuat produk-produk lain yang sangat inovatif dan berguna. Di tahun 2017 lalu mereka telah merilis chipset SCard XCT136 yang digunakan untuk kartu identitas para mahasiswa. Chipset SCard tersebut merupakan tipe smartcard. Produk smartcard dari Xirka pun telah digunakan oleh beberapa universitas populer Tanah Air seperti Universitas Indonesia, Universitas Telkom, dan Institut Teknologi Bandung.

Selain SIM Card dan smartcard, rupanya Xirka juga menyediakan chipset NFC yang berguna untuk mendukung aplikasi smartphone. Nggak berhenti di situ, Xirka juga telah memproduksi chipset untuk peralatan rumah tangga seperti AC, TV hingga lemari es.

Keren banget ya Urbaners, karya anak bangsa tersebut!

 

 

Sources: goodnewsfromindonesi.id, inet.detik.com