Trending
Selasa, 31 Agustus 2021

Mantra Vutura; Kehendak Tuhan & Percakapan Pt.1

  • Share

Sejak kehadirannya meramaikan semesta musik Indonesia pada 2017 di bawah label Double Deer Records, duo Tristan Juliano dan Zakari Danubrata ini memang mencuri perhatian para penikmat musik. Terhitung semenjak kemunculannya, Mantra Vutura telah merilis mini album berjudul Solar Labyrinth dan debut full album mereka Human pada 2019 silam.

 

Di MLDSPOT TV MUSIC kali ini kami menghadirkan Mantra Vutura yang memainkan dua single mereka “Kehendak Tuhan” dan “Percakapan Pt.1” diselingi dengan obrolan hangat mengenai kabar terbaru mereka.

 

(Q) Kenapa karya-karya Mantra Vutura mengedepankan tema musik dan lirik tentang kepercayaan manusia?

 

(A) Sebenarnya berangkat dari nama Mantra Vutura sendiri, Mantra yang berarti doa, dan Vutura yang berarti masa depan. Jadi gimana caranya berangkat dari fundamentalnya kita mau membagi perjalanan mengenai spiritual itu sendiri. Album Human itu sendiri membahas 7 kebajikan manusia, terus berlanjut ke percakapan di mana kita pengen ngingetin adanya downside emosional tiap manusia, “Tali” juga ngingetin kita bahwa segala penderitaan pasti ada titik cerah nya juga karena ada sentuhan dari Tuhan. Sebenarnya sejak dari mini album pertama yang membahas soal penciptaan, hingga album Human ini sendiri adalah suatu perjalanan yang berkesinambungan.

 

(Q) Bagaimana mengumpulkan 61 musisi untuk mengucap ‘Amin’ untuk 2020 di tengah masa pandemi?

 

(A) Ini sebenarnya adalah kerjaan Tristan, di era pandemi ini dia punya skill baru untuk edit-edit video. Dengan memanfaatkan link kami dengan para teman-teman musisi lainnya untuk sekiranya bisa ikut mengamini doa-doa teman-teman yang sekiranya lagi mengalami hal tak mudah di tahun 2020 ini. Jadi ada beberapa hal yang sekiranya diamini bersama jadi sesuatu yang emosional dan sakral, untuk meng-empower silaturahmi juga. Biar gimana, kami percaya we are in this together. Kita berharap kumpulan doa dalam satu video tersebut bisa ikut diaminkan oleh para teman-teman musisi tersebut dan alhamdulillah responnya cukup wow.

 

(Q) Berkolaborasi dengan Hindia di single “Percakapan Pt.1” apa yang membuat kalian memilih Baskara untuk kolaborasi ini?

 

(A) Pada awalnya sih kita memang sedang mencari kelanjutan album Human yang bercerita soal kebajikan manusia, nah sekarang kita pengen ngebahas hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan. Dan kita ngerasa Baskara atau yang dikenal dengan nama Hindia sangat tajam dalam penulisan lirik, dan dalam pemilihan tema juga, dan bisa dibilang kritis. Selain itu dia circle terdekat kami juga. Jadi kami sangat bahagia ketika saat Baskara akhirnya menyambut baik. Referensinya pun kita kerjakan bareng dan Baskara yang mengerjakan liriknya. Proses yang menyenangkan selama Februari itu.

 

Sebenernya kenapa berjudul “Percakapan Pt.1” karena pengennya percakapan ini akan menjadi proyek panjang, jadi tema besarnya selalu percakapan. Jadi ga selalu antara manusia dengan Tuhan, bisa ibu dan anak, atau pacar ke pacar, gitu. Tapi benang merahnya selalu ada dua perspektif di lagu-lagu tersebut.

 

(Q) Puluhan tahun saling kenal, bagaimana kalian menjaga dinamika dalam berkarya agar terus menghasilkan ide-ide baru?

 

(A) Bagi yang belum tau, kita berdua sudah barengan dari TK sampai kuliah, selalu kebetulan satu institusi kuliah, bahkan satu kelas juga. Jadinya serius bikin Mantra Vutura, gimana bisa bertahan atau pola komunikasinya sih agak klise tapi percaya aja setiap orang ada bagian-bagiannya masing-masing di Mantra Vutura jadi ngga overlapping. Kalo misalnya saling kritik juga udah diterima aja. Kalo soal ide sih balik lagi dari nama Mantra Vutura, dari situ pengembangannya secara color nya pun kita tabrakin aja. Gue yang dulunya belajar klasik atau yang berbau epic-epic, sedangkan Zaki lebih ke percussion dan jazz, jadi kita menemukan Mantra Vutura tuh gabungan dari berbagai hal tersebut.

 

Masih penasaran sama obrolan kita bareng Mantra Vutura, atau pengen nonton penampilan live mereka memainkan “Kehendak Tuhan” dan “Percakapan Pt.1”? Langsung aja nonton di MLDSPOT TV MUSIC di bawah ini.  

 

https://www.youtube.com/watch?v=liU22_GPRGQ 

Comments

Okey Bro.. Sipp
kereen bangett